Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Begini Ciri-ciri Sopir Mengantuk

Kompas.com - 04/11/2021, 18:31 WIB
Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelah huffingtonpost.comIlustrasi berkendara saat ngantuk dan lelah
|

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan lalu lintas yang diduga disebabkan karena mengantuk kembali terjadi. Kali ini dialami sebuah Pajero Sport yang membawa lima penumpang, mengalami kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto arah Surabaya, Kamis (4/11/2021).

Dalam kecelakaan itu, mobil ditumpangi lima penumpang. Dua di antaranya tewas, yakni artis Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah.

Sementara tiga lainnya selamat, satu di antaranya adalah sopir Mitsubishi Pajero Sport berkelir putih itu.

Baca juga: Berikut Harga BBM Shell dan Pertamina per November 2021

Mobil yang digunakan Vanessa Angel Kecelakaan Mobil yang digunakan Vanessa Angel Kecelakaan

Kasat PJR Ditlantas Polda Jawa Timur AKBP Dwi Sumrahadi, mengatakan, sopir yang selamat dari mengaku kehilangan konsentrasi.

“Dia mengaku melihat asap putih, terus tiba-tiba ngeblank, terus menabrak (pembatas jalan hingga terpelanting). Tapi dugaan saya itu mengantuk," kata Dwi, dikutip dari Kompas Regional (4/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi karena pengendara mengalami rasa ngantuk dan lelah yang tak tertahankan.

Baca juga: Sanksi Tilang Uji Emisi di DKI Jakarta Batal Diberlakukan

Kondisi aktual Jalan Tol Jombang-MojokertoDokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Kondisi aktual Jalan Tol Jombang-Mojokerto

Terlebih jika mengemudi di Jalan Tol, karena di jalan bebas hambatan ini cenderung memiliki jalur yang monoton sehingga membuat pengendara mudah bosan dan ngantuk.

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, tanda-tanda awal ngantuk dan lelah saat berkendara yaitu saat otak sudah mulai tidak terstimulus terhadap sesuatu yang dilihat.

"Stimuli yaitu membaca apa yang dia lihat. Misalkan kita sedang mengemudi, kita lihat orang di pinggir jalan, kita langsung antisipasi kalau dia mau menyeberang atau apa, itu tandanya otak terstimuli," ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menemukan Polisi Lalu Lintas Nakal, Langsung Lapor ke Sini

Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021). Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021).

"Atau kita lihat bus sedang menyusul, kita langsung antisipatif, itu tandanya otak terstimuli, sedangkan kalau kita lelah dan kantuk, tidak bisa," kata dia.

Jusri menambahkan, jika mulai merasa tanda-tanda awal ngantuk dan lelah, sebaiknya segera mencari tempat untuk beristirahat.

"Jika sudah terasa ada tanda-tanda letih segara berhenti di tempat aman. Tapi karena itu, otak itu harus distimuli terus. Bisa dengan mendengarkan usik, mengobrol ringan dan melatih tindakan antisipatif di dalam otak kita," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.