Belajar dari Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Ingat Lagi Pentingnya Menggunakan Sabuk Pengaman

Kompas.com - 04/11/2021, 15:10 WIB
Mobil yang digunakan Vanessa Angel Kecelakaan Mobil yang digunakan Vanessa Angel Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut yang menimpa artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah baru saja terjadi di Tol Nganjuk arah Surabaya Kilometer KM 672+400A, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya merupakan kecelakaan tunggal. Adapun 3 penumpang lainnya mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

“Penumpang meninggal dunia atas nama FEBRI ANDRIANSYAH DG ALAMAT JLN DIAMOND 1/71 SRENGSENG JAKARTA BARAT dan VANESSA ADZANIA dengan alamat sama,” tulis Gatot dalam pesan singkatnya.

Baca juga: Sinnis Outlaw 125 Bergaya Retro Meluncur, Saingi XSR 155 dan W175

Melalui unggahan instastory suami Vanessa Angel, Bibi Andriansyah, terlihat Vanessa Angel sedang tertidur di kursi belakang dan tidak menggunakan seat belt atau sabuk pengaman, sehingga mengalami dampak kecelakan yang fatal.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, mengenakan sabuk pengaman bisa mengurangi risiko cedera pengemudi maupun penumpang jika terjadi kecelakaan.

Vanessa Angel tertidur di mobil tidak menggunakan seat beltInstagram.com/bibliss Vanessa Angel tertidur di mobil tidak menggunakan seat belt

Menurut Sony, safety belt memang tidak bisa menyelamatkan penumpang dan pengemudi saat terjadi kecelakaan, tetapi bisa mengurangi risiko cidera pengemudi dan penumpang.

“Jadi semua penumpang di row manapun wajib menggunakan seat belt, dan karena keselamatan penumpang tanggung jawab pengemudi maka pengemudi harus memastikan semua penumpang menggunakannya sebelum mobil berjalan,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sabuk pengaman memang merupakan faktor penting dalam keselamatan pengemudi, terutama saat terjadi kecelakaan atau benturan. Jika tidak menggunakan seat belt, bahayanya pengemudi maupun penumpang bisa terpelanting atau terkena air bag.

“Kuncinya, keselamatan itu prioritas utama. Salah satunya adalah menggunakan seat belt sebagai pertimbangan untuk keselamatan,” kata Sony.

Seat belt belakangtheaustralian.com.au Seat belt belakang

Aturan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.