Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Lokalisasi Sedan, Begini Jawaban Honda

Kompas.com - 29/10/2021, 18:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja merilis dua mobil baru, All New City dan All New Civic RS, Kamis (29/10/2021).

Kedua mobil ini didatangkan secara utuh dari Thailand, untuk All New City dijual dengan harga Rp 355 juta dan All new Civic RS dibanderol Rp 567 juta.

Adapun kedua harga tersebut sudah mengikuti skema PPnBM terbaru yang berdasarkan emisi gas buang atau carbon tax.

Jika dilihat, harga dari kedua mobil ini memang cukup tinggi jika dibandingkan pesaingnya di kelas yang sama. Lalu apakah Honda berniat untuk memproduksi All New City atau All New Civic RS di Indonesia?

Baca juga: Belajar dari Kasus Truk Tabrak Anggota Patwal di Tol Cikampek

Honda CityHPM Honda City

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan, untuk saat ini memang belum ada rencana memproduksi sedan secara lokal.

“Tentunya kami akan pelajari terus perkembangan di pasar, namun sampai saat ini kami belum ada rencana membuat sedan di Indonesia,” ucap Billy kepada media, Kamis (28/10/2021).

Untuk pasar sedan sendiri, sebenarnya tidak begitu besar di Indonesia. Ada beberapa hal yang memengaruhi pertimbangan masyarakat untuk meminang sedan, seperti kondisi geografis dan suka mobil yang bisa memuat banyak orang.

Baca juga: Honda City Sedan Resmi Mengaspal di Indonesia, Rp 300 Jutaan


“Di Indonesia, pasar sedan itu segmented tapi tetap memiliki konsumen yang loyal. Jadi karena konsumen yang terbatas, saat ini seluruh produk mobil Honda masih diimpor,” kata Billy.

Oleh karena itu, duo sedan yang baru diluncurkan ini tidak bisa menikmati potongan PPnBM dari Pemerintah. Walaupun begitu, dengan adanya carbon tax, besaran pajak yang diberikan untuk mobil sedan jadi berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com