Salin Artikel

Soal Lokalisasi Sedan, Begini Jawaban Honda

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja merilis dua mobil baru, All New City dan All New Civic RS, Kamis (29/10/2021).

Kedua mobil ini didatangkan secara utuh dari Thailand, untuk All New City dijual dengan harga Rp 355 juta dan All new Civic RS dibanderol Rp 567 juta.

Adapun kedua harga tersebut sudah mengikuti skema PPnBM terbaru yang berdasarkan emisi gas buang atau carbon tax.

Jika dilihat, harga dari kedua mobil ini memang cukup tinggi jika dibandingkan pesaingnya di kelas yang sama. Lalu apakah Honda berniat untuk memproduksi All New City atau All New Civic RS di Indonesia?

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan, untuk saat ini memang belum ada rencana memproduksi sedan secara lokal.

“Tentunya kami akan pelajari terus perkembangan di pasar, namun sampai saat ini kami belum ada rencana membuat sedan di Indonesia,” ucap Billy kepada media, Kamis (28/10/2021).

Untuk pasar sedan sendiri, sebenarnya tidak begitu besar di Indonesia. Ada beberapa hal yang memengaruhi pertimbangan masyarakat untuk meminang sedan, seperti kondisi geografis dan suka mobil yang bisa memuat banyak orang.

“Di Indonesia, pasar sedan itu segmented tapi tetap memiliki konsumen yang loyal. Jadi karena konsumen yang terbatas, saat ini seluruh produk mobil Honda masih diimpor,” kata Billy.

Oleh karena itu, duo sedan yang baru diluncurkan ini tidak bisa menikmati potongan PPnBM dari Pemerintah. Walaupun begitu, dengan adanya carbon tax, besaran pajak yang diberikan untuk mobil sedan jadi berkurang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/29/183100315/soal-lokalisasi-sedan-begini-jawaban-honda-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.