Pemerintah Targetkan Penggunaan Bus Listrik Sepenuhnya pada 2030

Kompas.com - 29/10/2021, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapat net zero emission (emisi nol bersih/nol emisi karbon/karbon netral) paling lambat 2060.

Demi menjalankan misi tersebut, Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya perlu bersama merumuskan langkah pengedalian perubahan iklim yang konsisten dan berkelanjutan.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Uji Emisi Mobil dan Motor di Jakarta

Maka dari itu, Pemerintah berencana untuk menjadikan kenadaraan di Indonesia ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan listrik termasuk bus.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Kemenhub, M.Risal Wasal mengatakan, Indonesia saat ini sedang mempersiapkan untuk perubahan dari kendaraan konvensional ke kendaraan dengan menggunakan tenaga listrik.

Pelepasan uji coba bus listrik Transjakarta rute Blom M-Balai Kota, Jumat (10/9/2021)Dok PT Transjakarta Pelepasan uji coba bus listrik Transjakarta rute Blom M-Balai Kota, Jumat (10/9/2021)

"Kami sudah menyiapkan roadmap dari 2019 sampai dengan 2030. Indonesia sudah mempersiapkan perubahan (Konvensional ke listrik) dari mobil pribadi sampai dengan bus dimulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah daerah," kata Risal dalam seminar daring berjudul Electric Mobility: Future Indonesia Toward Zero Emission Buses In The Cities, Kamis (28/10/2021).

Perubahan yang akan dilakukan oleh pemerintah mulai dari angkutan umum seperti MRT, angkutan umum bandara, dan juga angkutan di lokasi pariwisata.

Baca juga: Orang Ini Beruntung Dapat Helm Rossi di GP Misano Kedua

"Kami dalam proses mempebaiki layanan angkutan umum, dengan prioritas dari perkotaan, bandara, pariwisata, dan antar kota dengan program "Buy The Service" kita berharap kejayaan angkutan umum masal bisa kita wujuddkan kembali, " kata dia.

Perubahan transportasi umum untuk menggunakan kendaraan listrik akan dimulai dari bus Transjakarta. Staf Ahli Direksi PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta Bayu Purbo menjelaskan, Implementasi perubahan armada Transjakarta menjadi bus listrik dilakukan dengan 3 tahapan di tahun 2021.

Tahapan tersebut yakni masa percobaan atau trial berdurasi 3 bulan untuk pembuatan bus dan modelnya, menentukan spesifikasi bus, dan sertifikasi. Tahapan selanjutnya, menurut Bayu, adalah pilot project 100 bus listrik dengan tipe low entry pada 2021.

Bus listrik SkywellDOK. DELIMA JAYA Bus listrik Skywell

"Implementasi penuh pada 2024-2025 untuk mencapai 50 persen bus listrik Transjakarta," ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.