Baru 2 Generasi, Berapa Unit Ertiga yang Terjual di Indonesia?

Kompas.com - 28/10/2021, 11:42 WIB
All New Suzuki Ertiga KOMPAS.com / Aditya MaulanaAll New Suzuki Ertiga

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ketinggalan dengan para rivalnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan bakal meluncurkan varian baru dari low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murahnya, yakni Ertiga.

Meski belum ada informasi resmi dari Suzuki, namun sinyal kehadirannya sudah mulai terasa. Selain itu, sentuhan baru memang biasanya diberikan Suzuki tiap tahun pada jajaran produknya.

Apalagi ketika mengonfirmasikan kabar tersebut, Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS Harold Donnel juga sudah mengatakan bakal ada beberapa keluar baru yang akan diboyong dalam gelaran GIIAS 2021.

"Kami akan memperkenalkan beberapa keluarga baru Suzuki sepanjang GIIAS ini, tinggal ditunggu saja exact-nya saat acara nanti," ucap Harold ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Sah, Tilang Uji Emisi Mobil dan Motor di DKI Berlaku 13 November 2021

Ertiga jadi satu-satunya produk Suzuki yang bermain di segmen MPV murah. Meluncur 9 tahun lalu, tepatnya pada 2012, kehadiran cukup memberikan warna baru bagi konsumen sekaligus persaingan bagi duet Avanza-Xenia.

Suzuki Ertiga Diesel HybridStanly/KompasOtomotif Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsepnya untuk pertama kali hadir digelaran IIMS 2010 yang diberi nama R-III. Setelah generasi pertamanya hadir di pasar otomotif, Suzuki langsung memberikan dua kali penyegaran, yakni pada 2013 dengan tambahan transmisi otomatis dan AC double blower, serta kosmetik baru untuk visual di 2015 yang juga menjadi kehadiran varian Dreza.

Rombakan besar dilakukan Suzuki pada 2018 yang jadi momen lahirnya generasi kedua Ertiga di ajang IIMS. Mulai dari ekterior dan interior berubah total, demikian juga tingkat kenyamanan yang diklaim bertambah imbas penggunaan platform Heartect.

Tak hanya itu, Suzuki juga membenamkan dapur pacu baru dengan mesin K15B empat silinder segaris berkubikasi 1.462 cc dengan tenaga 104.7 tk dan torsi 138 Nm.

Namun sebelum generasi kedua ini meluncur, pada 2017 muncul Ertiga diesel 1.300 cc dengan teknologi smart hybrid vehicle by Suzuki (SHVS) yang memang umurnya tidak panjang.

Baca juga: Hyundai Creta Wira-wiri dengan Stiker Kamuflase Peta Indonesia

Selang satu tahun generasi kedua meluncur, pada 2019 Suzuki langsung memberikan sentuhan baru berupa pelek dual tone, defogger, kamera parkir, head unit layar sentuh 6.8 inci, dan AC digital lengkap dengan heater. Pada tahun yang sama juga Suzuki meluncurkan varian Ertiga Sport, tak hanya gimik bodikit saja, tapi juga diimbangin penambahan fitur keselamatan, seperti ABS, EBD, duar SRS Aribag, dan ESP.

Jika Anda pintar menawar bukan tidak mungkin para sales akan memberikan potongan yang lebih besar.KOMPAS.com/Gilang Jika Anda pintar menawar bukan tidak mungkin para sales akan memberikan potongan yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.