Lihat Pengendara Motor Ugal-ugalan, Enggak Usah Gubris

Kompas.com - 26/10/2021, 09:22 WIB
Pengendara motor yang ugal-ugalan INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIAPengendara motor yang ugal-ugalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalanan di Indonesia memang cukup beragam, mulai yang biasa sampai abnormal. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia belum lama ini.

Pada video tersebut, terlihat pengendara motor yang ugal-ugalan di jalan. Pengendara tadi melakukan manuver zig-zag di tengah lajur sehingga menghalangi mobil yang ada di belakangnya.

Kejadian seperti ini mungkin bukan yang pertama kali. Mengingat kelakuan pengendara motor di Indonesia saat ini makin mengada-ada, seperti ugal-ugalan di jalan, padahal bisa membahayakan dirinya dan orang lain.

Baca juga: Urus Balik Nama Kendaraan, Ini Biaya yang Harus Disiapkan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jika melihat pengendara yang ugal-ugalan seperti di video dan menghalangi, lebih baik jaga jarak aman saja.

“Pengendara ugal-ugalan kalau ditegur malah menciptakan konflik. Mereka mungkin bakal mengalami kecelakaan, jadi tindakan yang benar adalah dengan menjauh,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (25/10/2021).

Aksi ugal-ugalan biasa dilakukan untuk mendapatkan pengakuan, kalau enggak gubris, pelaku tidak akan mencapai tujuannya.

Pengendara yang ugal-ugalan, sangat rawan terlibat kecelakaan. Jadi sebagai pengguna jalan lain, lebih baik jaga jarak agar tidak ikut terlibat kecelakaan karena ulah mereka.

Baca juga: Gagal Menanjak, BMW X5 Jatuh ke Jurang

“Mereka melakukan hal tersebut (ugal-ugalan) juga secara sadar kok, jadi biarkan saja agar kapok,” ucap Sony.

Selain itu, jika mau merekam aksi mereka untuk dilaporkan ke pihak yang berwenang, harus berhati-hati, jangan sampai membahayakan diri sendiri. Misalnya jika mau merekamnya, serahkan kamera ke penumpang yang ada di sampingnya, jangan sambil mengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.