Honda Luncurkan Civic Si, Apa Bedanya dengan Type R?

Kompas.com - 25/10/2021, 17:21 WIB
Tampilan depan Honda Civic Si hondanews.comTampilan depan Honda Civic Si
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda di Amerika Serikat baru saja meluncurkan All-new Civic Si. Mobil ini dibangun di atas basis Civic generasi ke-11, namun dengan mesin turbocharged, transmisi manual sebagai standar, limited slip differential, dan suspensi sport-tuned.

Dave Gardner, Executive Vice President of National Operations American Honda Motor, mengatakan, Civic Si adalah ikon mobil berperforma tinggi yang terjangkau selama empat dekade.

“Ini adalah Civic Si terbarik yang pernah kami tawarkan kepada pelanggan kami,” ujar Gardner, dalam keterangan resmi, yang dilansir Senin (25/10/2021).

Baca juga: Ada Aura Rocky, Begini Gambar Render Calon Xenia Baru

Tampilan belakang Honda Civic Sihondanews.com Tampilan belakang Honda Civic Si

Berbeda dengan Type R maupun Civic sedan standar, Civic Si berada di tengah-tengah kedua produk tersebut.

Civic Si mengusung mesin 1.500 cc turbocharged yang dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan yang ditingkatkan dengan sistem rev-matching dari Civic Type R.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bicara soal tenaga, mesin tersebut sanggup hasilkan 200 tk pada 6.000 rpm dan torsi 192 lb ft atau setara 260 Nm pada 1.800-5.000 rpm.

Baca juga: Dugaan Skandal di Bengkel AHASS, Ini Kata Teknisi Honda

Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Sihondanews.com Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Si

Suspensi juga telah mendapat revisi, depan menggunakan MacPherson Strut, belakang Multi-Link dengan penyesuaian pada struktur bodi Civic Si.

Kemudian suspensi juga diset lebih keras di depan dan belakang, membuat mobil ini menjadi lebih kaku dibandingkan Civic sedan standar

Selain itu, rem juga mendapat pembaruan. Di mana diameter cakramnya lebih besar dibandingkan model standar. Ukurannya menjadi 312 mm di depan, atau bertambah 30 mm. Sementara di belakang 281 mm, bertambah 22 mm.

Baca juga: Gagal Menanjak, BMW X5 Jatuh ke Jurang

Tampilan jok semi bucket milik Honda Civic Sihondanews.com Tampilan jok semi bucket milik Honda Civic Si

Desain eksterior juga dirancang ulang, meskipun tidak seagresif Type R. Di depan ada gril berwarna hitam, sedangkan di belakang ada spoiler model duck tail yang tipis. Tersedia pula warna khusus Blazing Orange Pearl.

Adapun lampu depan menggunakan LED, sementara pelek menggunakan ukuran 18 inci palang 10 berwarna matte.

Beranjak ke interior, kabin diperbarui dengan sepasang kursi bergaya sport di baris pertama. Di mana sandaran kepala menghilang, karena digantikan jok bergaya bucket seat.

Di interior juga terdapat detail jahitan merah, termasuk head unit berukuran 9 inci yang mendukung konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, dengan sistem suara racikan Bose 12-speaker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.