Quartararo, Pebalap Perancis Pertama yang Jadi Juara Dunia MotoGP

Kompas.com - 24/10/2021, 20:34 WIB
Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROFabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Yamaha Fabio Quartararo berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2021. Rider asal Perancis itu mendapat titel juara dunia setela finis di posisi empat MotoGP Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkuit Misano, Italia, Minggu (24/10/2021).

Sebagai informasi, sebelum balapan dimulai Fabio Quartararo memiliki gap 52 poin dari Francesco Bagnaia yang membuntutinya di posisi kedua. Selisih poin tersebut membuat Francesco Bagnaia memiliki peluang untuk bertarung memperebutkan juara dunia MotoGP 2021.

Namun sayangnya pada gelaran MotoGP Emilia Romagna Bagnaia harus terjatuh. Alhasil pebalap Ducati itu harus mengubur peluangnya menjadi juara dunia MotoGP 2021, karena selisih 65 poin.

Baca juga: Pilihan Ban Sama, Miller dan Bagnaia Jatuh di Tikungan yang Sama

Fabio Quartararo mengawali kariernya di dunia balap sejak terjun di ajang Moto3 pada 2015 silam dan bergabung bersama tim Estrella Galicia. Selama kariernya di Moto3, Quartararo hanya meraih dua kali podium di posisi kedua.

Di musim berikutnya, Quartararo memutuskan untuk pindah tim ke Leopard Racing. Sayangnya perpindahan tersebut juga belum membuahkan hasil yang baik. Ia hanya mampu finis di posisi 13 klasemen akhir Moto2 2016.

Pada tahun 2017, pebalap yang mendapat julukan El Diablo itu mendapat promosi untuk naik kelas ke Moto2 bersama Pons Racing, sayangnya hasil yang diraih juga tidak memuaskan. Ia hanya mampu finish di posisi ke 13 klasemen akhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pebalap Petronas Yamaha SRT asal Perancis, Fabio Quartararo, saat tampil pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino, di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Sabtu (12/9/2020).AFP/ANDREAS SOLARO Pebalap Petronas Yamaha SRT asal Perancis, Fabio Quartararo, saat tampil pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino, di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Sabtu (12/9/2020).

Di musim berikutnya, Quartararo kembali pindah tim dan membela Speed Up Racing. Di tim baru itu Quartararo bisa mendapat hasil yang lebih baik yakni posisi 10 di klasemen terakhir.

Pada tahun 2019, barulah dirinya direkrut oleh Petronas Yamaha SRT untuk berlaga di kelas premier MotoGP 2019. Pada penampilan bersamanya bersama tim Yamaha, ia berhasil menduduki pole position di Sirkuit Jerez Spanyol pada 2019.

Tak hanya itu, Quartararo juga mampu meraih tujuh podium pada musim 2019 dan mengumpulkan 192 poin.

Di musim 2020, Fabio Quartararo masih membela tim Petronas Yamaha SRT. Pebalap berusia 22 tahun itu mampu meraih kemenangan pada dua balapan pertama yakni GP Spanyol dan GP Andalusia di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.