Sensasi Bermanuver Tajam dengan Toyota GR Yaris

Kompas.com - 23/10/2021, 10:02 WIB
Test Drive Toyota GR Yaris KOMPAS.com/Adityo WisnuTest Drive Toyota GR Yaris

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dikabarkan bakal masuk Indonesia, peminat Toyota GR Yaris langsung membeludak. Puncaknya, sekitar 500 orang yang antre meminang hatchback berdarah reli tersebut.

Namun sayang, karena keterbatasan kuota unit, hanya 125 konsumen di Tanah Air yang berhasil membawa pulang GR Yaris ke garasinya. 

Artinya, populasi GR Yaris di Indonesia hanya sebanyak 125 unit. Hal tersebut cukup wajar, mengingat mobil yang lahir dari ajang World Rally Championshop (WRC) tersebut, dibuat hanya 25.000 unit di dunia.

Nah, beruntung PT Toyota Astra Motor (TAM) mengadakan sesi media test drive. Meski sangat-sangat terbatas, baik dari waktu dan tempat, tapi paling tidak bisa mengobati rasa penasaran soal sajian performa tenaga buasnya.

Baca juga: November, Toyota Mulai Kirim GR Yaris ke Konsumen di Indonesia

Test Drive Toyota GR YarisKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Toyota GR Yaris

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, mobil racikan Toyota Gazoo Racing (TGR) ini sangat berbeda dengan Yaris konvensional yang dipasarkan tanpa ada batasan kuota. Mulai dari performa sampai visual, tapi sebelum membahas tampilan, kami ceritakan dulu pengalaman mengendarainya.

Liar, itu salah satu kata yang kerap keluar ketika melihat aksi para pebalap Toyota Team Indonesia (TTI) mengeber hothatch dua pintu di Edutown BSD, Tangerang.

Paling menarik ketika GR Yaris diajak melakukan manuver tajam di tikungan hairpin yang langsung disambung powerslide sampai aksi drifting.

Dengan rancang bangun dimensi yang compact ditambah mesin yang sangat bertenaga, GR Yaris mampu memberikan impresi menawan saat diajak menari melewati beberapa cone serta menikung tajam. Bahkan bisa melesat dengan cepat dari putaran bawah.

Baca juga: Bukan BR-V, Honda World Premier Model Baru di GIIAS 2021

Test Drive Toyota GR YarisKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Toyota GR Yaris

 

Jangan anggap remeh urusan dapur pacu, meski mungil tapi "cabe rawit" alias buas. Mesin turbo tiga silinder 1.600 cc yang tersemat di balik kap mesin mampu memproduksi tenaga hingga 261 Ps atau 257,4 tk pada 6.500 rpm dan torsi berlimpah, yakni 360 Nm di 3.000-4.600 rpm.

Olahan tenaga tersebut disalurkan ke penggerak 4WD GR-Four melalui Intelligent Manual Transmission enam percepatan yang jadi standar spesifikasi dari GR Yaris. Jadi jangan berharap bila ada pilihan transmisi otomatis atau CVT.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.