Akibat Menyalip dari Kiri, LCGC Ditabrak Truk Hingga Terguling

Kompas.com - 19/10/2021, 18:01 WIB
mobil low cost green car (LCGC) berkelir merah mengalami kecelakaan usai menyalip truk dari sebelah kiri. instagram.com/dashcam_owners_indonesiamobil low cost green car (LCGC) berkelir merah mengalami kecelakaan usai menyalip truk dari sebelah kiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial mobil low cost green car (LCGC) berkelir merah mengalami kecelakaan usai menyalip truk dari sebelah kiri.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, melalui rekaman kamera pengawas yang terjadi pada Selasa (18/10/2021).

Dalam rekaman tersebut terlihat mobil LCGC hendak menyalip truk dari sebelah kiri, sambil beberapa kali menyalakan lampu jauh (dim).

Setelah hampir berhasil melewati kendaraan besar itu, truk tersebut malah mengambil sisi kiri sehingga menyenggol buntut belakang mobil LCGC tersebut.

Baca juga: Catat Syarat dan Cara Blokir STNK Secara Online

Mobil berkelir merah tersebut diduga berada pada posisi blind spot truk sehingga tidak terlihat. Alhasil, LCGC itupun hilang kendali berputar hingga menerobos pembatas jalan dan masuk ke jalur berlawanan.

Pada saat yang bersamaan terdapat truk yang melintas dari jalur berlawanan, tabrakan pun tak dapat dihindari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkaca dari video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, bahwa mobil LCGC berkelir merah itu berada di area blindspot truk tersebut.

Kemudian, mendahului di area yang sempit bukan asal tancap gas dan buru-buru, tapi dengan cara menambahkan klakson dan lihat kaca spionnya truk (eyes contact).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

“Saat menyalip lihat juga faktor adanya ruang yang aman, paling tidak ada ruang untuk menghindar kalau pengemudi truk tersebut tidak melihat mobil kita,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Perlu dipahami, semakin besar dimensi kendaraan, maka akan semakin besar blind spot nya. Contoh, untuk truk besar ada 4 titik blind spot, yaitu bagian belakang (jika terdapat banyak muatan), sisi kiri dan kanan pengemudi, yang ketika sisi depan truk (karena ketinggian truk membuat pengemudi tidak bisa melihat objek di depan mereka).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.