Viral, Daihatsu Taft Naik ke Rel Kereta Api

Kompas.com - 12/10/2021, 17:33 WIB
Daihatsu Taft Dipasangi Roda Kereta Daihatsu Taft Dipasangi Roda Kereta
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Suatu cuplikan video yang memperlihatkan Daihatsu Taft generasi kedua naik ke perlintasan kereta api pada suatu wilayah di Indonesia tengah viral di media sosial.

Pasalnya, aktivitas yang juga melibatkan beberapa petugas tersebut cukup menarik perhatian sebagaimana dilansir Kompas.com dari akun Instagram @offroad_viral, Selasa (12/10/2021).

Terlihat, sport utility vehicle (SUV) terkait diberi komponen tambahan agar bisa bergerak secara baik pada rel kereta api berupa sebuah palang besi yang dipasangi roda kereta.

Baca juga: Uji Jakarta-Lombok, Motor Listrik BL-SEV01 Balik ke Kampus Budi Luhur

Ketangguhan Daihatsu Taft di medan off-road.Taufik Eko Ketangguhan Daihatsu Taft di medan off-road.

Palang besi tadi dipasang di bagian bemper depan dan belakang, serta diatur agar pas di lintasan rel. Sementara ban dari mobil sendiri tidak dilepas namun tak menapak secara langsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk keseluruhan tampilan Taft berwarna hijau itu sendiri, masih standar pabrikan. Tidak ada perubahan ekstrem sehingga kuat dugaan kegiatan tersebut untuk menguji lintasan tertentu.

"Gimana kalau ngerem? Bisa dilihat seklias yang menempel bukan bannya (melainkan roda kereta kecil)," tulis keterangan di video itu.

Hingga artikel ini ditayangkan, belum terdapat keterangan resmi dari pihak Daihatsu Indonesia maupun Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Namun bila merujuk aktivitas serupa sebelumnya, itu dilakukan untuk menguji lintasan kereta.

Baca juga: IMI Koordinasi dengan FIM, Gelaran WorldSBK di Mandalika Sesuai Jadwal

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Offroad Viral (@offroad_viral)

Tiga tahun lalu, Suzuki Jimny yang kedapatan melaksanakan pengujian. Kala itu, lintasan yang diuji ialah rel kereta LRT di Palembang, Sumatera Selatan.

"Mobil Jimny tersebut digunakan untuk inspeksi prasarana LRT Sumsel yakni third rail untuk power suppy LRT Sumsel serta untuk mobilisasi di atas track dan untuk clear area di atas rel sblm kereta berjalan di atas rel," jelas Ditjen Perkerataapian dalam keterangannya.

Adapun kegiatan tersebut sudah mendapatkan izin dari PT LEN Industri di Bandung. Jimny cocok karena lebar ruas kereta api di Indonesia sesuai dengan jarak antar ban pada mobil itu. Jadi, bukan untuk pamer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.