Ini Motor Listrik Anak Bangsa Pertama yang Jajal Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 12/10/2021, 16:41 WIB
Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok Foto: Universitas Budi LuhurMotor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) sukses touring dari Jakarta-Mandalika. Saat di Lombok, NTB, motor ini sempat menjajal Sirkuit Mandalika.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, berani mengklaim, BL-SEV01 merupakan motor listrik anak bangsa pertama yang menjajal aspal Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Pelek Lokal Buatan Karma Bodykit Tembus Pasar Luar Negeri, Harga Mulai Rp 50 Jutaan

"Masuk ke dalam sirkuit, cuma kita tidak diizinkan untuk mengelilingi seluruh sirkuit. Kita hanya diperbolehkan menjajal di bagian yang mana bagian start di samping pit stop, kurang lebih 600 m," kata Sujono di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, LombokFoto: Universitas Budi Luhur Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok

Sujono mengatakan motor tidak menjajal seluruh bagian sirkuit karena tidak diperbolehkan. Tim juga tidak bisa mengetes performa sebab masih banyak pekerja di lapangan.

"Di sana kami ingin mengetes top speed tapi masih banyak pekerja lalu lalang kami tidak berani," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sujono mengatakan, pihaknya bisa mendapat kesempatan masuk ke area sirkuit berkat rekomendasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Sebab sebetulnya area sirkuit masih tertutup untuk umum.

"Karena kemarin informasi di Mandalika itu memang belum terbuka untuk umum, saya terima kasih dari pihak IMI bisa memfasilitasi karena sebetulnya masuk ke area proyek itu tidak bisa masih sangat tertutup," katanya.

Baca juga: Joan Mir dan Alex Rins Bercerita Cara Memilih Baju Balap

Pada tes kedua motor listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul, 13 April 2021. Foto: Budi Luhur Pada tes kedua motor listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul, 13 April 2021.

"Karena ini kendaraan listrik dan karya anak bangsa, maka IMI memfasilitasi untuk bisa masuk. Akhirnya kami diizinkan tapi di daerah tertentu," kata Sujono.

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta - Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW.

Catu daya baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Klaim resminya BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 km untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.