Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Jakarta-Lombok, Motor Listrik BL-SEV01 Balik ke Kampus Budi Luhur

Kompas.com - 12/10/2021, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB, sejauh 1.340 km.

Setelah melakukan perjalanan selama 17 hari, motor listrik tersebut kembali tiba di Kampus Budi Luhur, Jakarta Selatan. Dihadiri Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo dan Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Mohamad Risal Wasal.

Baca juga: Curhat Kru Rossi yang Telah Bekerja Bersama 18 Tahun

Setelah melakukan perjalanan selama 17 hari Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)Foto: KOMPAS.com/Gilang Setelah melakukan perjalanan selama 17 hari Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, touring ini berhasil memberikan banyak data-data dan informasi baru yang bisa digunakan studi lebih lanjut.

"Kemampuan BL-SEV01 sudah teruji mampu menghadapi berbagai kondisi jalanan dan cuaca dengan baik tanpa ada kendala yang berarti, serta bisa menyelesaikan tantangan touring Jakarta - Mandalika dengan baik," katanya Selasa (12/10/2021).

Sujono mengatakan, perjalanan touring Jakarta - Mandalika kali ini bukan hanya sekadar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh.

Baca juga: Marak Pencurian Pelek dan Ban Mobil, Lakukan Ini untuk Mencegahnya

Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, LombokFoto: Universitas Budi Luhur Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok

"Seluruh kejadian dan masukan yang ada selama perjalanan kami kumpulkan dan akan kami olah lebih jauh lagi, sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga, dan memiliki daya tahan lebih baik," katanya.

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta - Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW.

Catu daya pakai baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Motor bisa melaju hingga 140 km untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com