Tidak Jadi di Monas, Formula E Geser ke Pulau Reklamasi atau Senayan

Kompas.com - 07/10/2021, 18:51 WIB
Mahindra Racing dalam Formula E AutosportMahindra Racing dalam Formula E
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum mengeluarkan surat perizinan resmi untuk pelaksanaan ajang Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas) karena ada suatu pertimbangan tertentu.

Tidak ingin menyiakan waktu pihak penyelenggara atau JakPro langsung sasar 5 lokasi alternatif di wilayah Ibu Kota. Padahal, Monas merupakan tempat ikonik untuk menunjukkan Indonesia kepada dunia.

"Ada lima alternatif, di antaranya kawasan Senayan dan Pantai Maju Bersama," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dilansir KompasMegapolitan, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Subaru Forester Terbaru Siap Meluncur, Pakai Teknologi Hybrid Toyota

Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.Motorsport.com Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.

"Nanti akan dipilih lokasi terbaik," lanjut dia.

Direktur JakPro, Gunung Kartiko tidak menampik rencana tersebut. Dalam waktu dekat, pihak Formula E Operation (FEO) akan meninjau langsung lokasi-lokasi yang dijadikan calan trek balap itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nantinya gini, dari alternatif itu nanti FEO akan datang untuk survei, mapping semua. Baru akan ditentukan yang bagus, (misal) alternatif 1 atau 2," ujanya.

Pantai Kita, Maju, Bersama terletak di Pulau Reklamasi yang dibangun semasa kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pantai tersebut terletak di pulau yang sebelumnya dikenal sebagai Pulau Reklamasi C, D, dan G.

Baca juga: Jangan Sembarangan Mendahului Kendaraan, Ini Aturannya

Nama ketiga pulau reklamasi tersebut berubah, sesuai Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1.744 Tahun 2018 tentang Penamaan Kawasan Pantai Kita, Kawasan Pantai Maju dan Kawasan Pantai Bersama Kota Administrasi Jakarta Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.