Rem Mendadak, Dua Pengendara Motor Ditabrak dari Belakang

Kompas.com - 05/10/2021, 07:22 WIB
akibat ngerem mendadak, dua pengendara motor kena tabrak dari belakang instagram.com/dashcamindonesiaakibat ngerem mendadak, dua pengendara motor kena tabrak dari belakang

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan dua pengendara sepeda motor ditabrak oleh mobil dari belakang.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun @dashcamindonesia, terlihat kedua pengendara motor itu melakukan pengereman secara mendadak lantaran pengendara lain yang berada di depannya berhenti secara tiba-tiba.

Namun sayangnya, pengemudi mobil yang berada di belakang kedua pengendara motor tersebut itu tidak sempat menghindar karena jarak yang cukup dekat, meskipun sudah melakukan pengereman. Alhasil tabrak dari belakang pun tak dapat dihindari.

Baca juga: Terbuat dari Karet, Ban Mobil Juga Bisa Berkarat

Berkaca dari hal ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, penting untuk mengetahui kondisi belakang, karena meski berhasil mengerem bisa saja tertabrak dari belakang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebab kita ngerem karena ada ancaman di depan, tetapi ancaman di belakang juga sangat fatal,” ucap Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri memberi contoh, saat mau mengerem keras di kecepatan tinggi tapi di belakang ada truk. Ada kemungkinan dengan kecepatan tinggi dan bobot yang berat truk tersebut tidak bisa berhenti dalam jangka pendek.

Baca juga: Pemenang Kompetisi Kendaraan Roda Tiga Listrik di IMX 2021, Sangat Fungsional

“Kalau begitu kita jangan langsung mengerem, jika tidak bakal habis kita tertabrak. Yang harus dilakukan adalah pertahankan kecepatan dan kalau bisa menghindar, ketimbang mengerem,” kata dia.

Maka dari itu, Jusri mengingatkan, awas terhadap sekitar sangat perlu saat berkendara sepeda motor.

“Sehingga mata dan otak bisa berkoordinasi dengan cepat untuk menangkal ancaman yang mungkin terjadi di jalan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.