Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil yang Masih Kredit

Kompas.com - 30/09/2021, 19:21 WIB
Ilustrasi kredit mobil pengertian leasing dan leasing adalah. istimewa Ilustrasi kredit mobil pengertian leasing dan leasing adalah.


JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil secara kredit masih menjadi pilihan sebagian masyarakat, terutama bagi para kaum milenial yang baru mulai berkarier. Dana yang terbatas kerap menjadi alasan utamanya.

Selain transaksi yang lebih mudah, skema pembelian mobil dengan sistem kredit juga dilengkapi dengan asuransi.

Asuransi tentu sangat membantu untuk mengurangi risiko yang bisa terjadi pada kendaraan kesayangan Anda, seperti kecelakaan atau musibah lainnya.

Baca juga: Ketahui Penyebab Ban Mobil Lebih Cepat Botak

Biaya perbaikan yang harus dikeluarkan saat kendaraan mengalami masalah serius juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, sehingga pemilik tak perlu mengeluarkan biaya yang terlampau mahal untuk perbaikan.

Bagi Anda yang ingin mengajukan klaim asuransi mobil, berikut cara yang hatus dilakukan pemilik kendaraan seperti dilansir dari Garda Oto, Kamis (30/9/2021).

Asuransi mobilutah778 Asuransi mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Segera melapor?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah melaporkan kejadian yang menimpa mobil Anda seperti melampirkan foto kerusakan mobil.

2. Siapkan dokumen

Pelaporan tentu harus menyertakan juga dokumen lengkap seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), surat keterangan dari kepolisian jika kerusakan mobil lebih dari 70 persen, serta Polis asuransi mobil. Hal ini diperlukan agar proses pengajuan klaim berjalan lancar dan segera diproses.

Baca juga: Ini Pilihan Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

3. Datang ke Cabang Terdekat?

Setelah mengisi laporan, pemilik kendaraan harus datang ke cabang terdekat. Pihak asuransi akan melakukan pengecekan kelengkapan data dan mengirim surveyor (petugas survei) untuk melihat kerusakan mobil. Setelah surveyor memeriksa kerusakan, Anda akan diberikan rencana perbaikan di bengkel.

4. Klaim melalui aplikasi

Seiring perkembangan zaman, kini pemilik polis bisa melakukan pengajuan klaim sangat mudah. Hanya dengan melalui aplikasi seperti contoh aplikasi Garda Mobile Otocare yang sudah diunggah di smartphone, petugas asuransi akan menghampir untuk mengecek kondisi kendaraan di lokasi yang sudah ditentukan oleh pemilik kendaaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.