Honda Siap Luncurkan Roket dan Mobil Terbang pada 2030

Kompas.com - 30/09/2021, 18:12 WIB
Ilustrasi logo Honda Dok. Reuters dan HondaIlustrasi logo Honda
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain fokus pada pengembangan mobil dan motor, serta kendaraan ramah lingkungan, Honda Motor juga konsisten mengembangkan teknologi canggih di seputar alat transportasi.

Dilansir dari Nikkei (30/9/2021), Honda Motor akan meluncurkan roket uji pada 2030. Peluncuran roket menjadi tanda melebarnya bisnis Honda ke sektor komersial yang belakangan terlihat menarik.

Sebelumnya Honda Motor juga pernah meluncurkan pesawat yang diberi nama HondaJet dengan klaim kemampuan terbang tertinggi, kabin tersenyap, dan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Baca juga: Innova Nekat Terabas Banjir dengan Ketinggian Air hingga Kap Mesin

Ilustrasi HondaJethttps://www.honda-indonesia.com/ Ilustrasi HondaJet

Kini ketika industri otomotif beralih ke kendaraan listrik, dan teknologi mesin pembakaran internal semakin efisien, Honda justru membuat roket.

Selain menerapkan teknologi pembakaran yang dikembangkan untuk mesin bensin, perusahaan juga akan menerapkan teknologi mengemudi otonom untuk kontrol dan panduan penerbangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Honda, yang membentuk tim khusus untuk mengawasi bisnis peluncuran satelit pada 2019, akan mengembangkan mesin prototipe sebelum memasuki pasar komersial.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Land Cruiser 300, Meluncur Akhir Tahun

Toshihiro Mibe, CEO Honda MotorTetsuya Kitayama/Nikkei Toshihiro Mibe, CEO Honda Motor

Satelit kecil diharapkan dapat menemukan aplikasi baru, termasuk mengukur konsentrasi gas rumah kaca dan mengumpulkan data lokasi untuk mobil self-driving.

"Teknologi terkait pembakaran roket dan material ada di tangan pembuat mobil. Kami hanya akan mengubah bidang di mana teknologi itu diterapkan," kata CEO Honda Toshihiro Mibe, dikutip dari Nikkei.

Untuk diketahui, Honda memasuki bisnis ruang komersial yang ramai. Lebih dari 100 perusahaan di seluruh dunia disebut sedang mengerjakan roket kecil; beberapa telah berhasil meluncurkannya.

Baca juga: Jangan Pakai Air Keran untuk Wiper Fluid Mobil

Kendaraan Starship SN10 bersandar di atas landasan. Beberapa saat kemudian meledak.SpaceX via BBC Indonesia Kendaraan Starship SN10 bersandar di atas landasan. Beberapa saat kemudian meledak.

Pemain terbesar adalah SpaceX, yang dipimpin oleh CEO Tesla Elon Musk. SpaceX telah meluncurkan Falcon 9 berukuran sedang, yang dapat meluncurkan banyak satelit kecil sekaligus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.