Kompas.com - 27/09/2021, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, tak membuat pabrikan otomotif berhenti untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk para konsumen.

Salah satunya adalah PT Dharma Polimetal (Dharma Group), perusahaan manufaktur komponen otomotif milik Triputra Group, yang berinovasi dengan terus melengkapi fasilitas produksi mereka dengan teknologi termutakhir.

Bentuk pemanfaatan teknologi tersebut adalah serangkaian mesin dan sarana robotik serta otomatisasi di seluruh pabrik perusahaan yang berlokasi di Cikarang, Karawang, dan Cirebon.

Baca juga: Rins Akui Ducati Lebih Maju Lima Langkah di Depan Suzuki

Presiden Direktur Dharma Group Irianto Santoso mengatakan, langkah tersebut dilakukan demi mewujudkan visi menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia, yang sudah tercermin dari posisi perusahaan sebagai pelaku industri lokal yang mampu bersaing dengan perusahaan global.

“Dharma Group menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi terkini dalam produksi kami. Untuk mewujudkannya, tim engineer kami mendesain dan mengembangkan serangkaian peralatan dan software untuk mengoptimalkan produksi di pabrik, yang melengkapi penggunaan ratusan robot industri yang kami gunakan,” ujar Irianto, Senin (27/9/2021).

 PT Dharma Polimetal (Dharma Group) PT Dharma Polimetal (Dharma Group) PT Dharma Polimetal (Dharma Group)

Irianto menyebutkan salah satu contoh rangkaian teknologi itu, yakni mesin stamping 80 Ton hingga 1.200 Ton, Cold Forging, CNC/NC Machine, Manual & Robotic Welding, Robotic Spot Welding, Special Purpose Machine, laser cutting, dan laser drilling.

Peralatan tersebut juga termasuk peralatan untuk proses finishing seperti Nickel Chrome Plating, Zinc Platting, Spray Painting dengan Robot Paint, Cathode Electro Dipping (CED) Painting, dan Heat Treatment Facility.

“Kami sadar bahwa kompetisi yang dihadapi tidak hanya dengan sesama perusahaan nasional tetapi juga perusahaan global dan berkelas dunia lainnya. Seiring terus bertumbuhnya industri otomotif dan semakin banyaknya pemain yang terlibat, Dharma Group memahami bahwa kami harus menjadi perusahaan kelas dunia dengan memanfaatkan teknologi,” ucap Irianto.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman Menggunakan Fitur ADAS di Wuling Almaz RS

Teknologi tersebut juga mendukung Dharma Group dalam menghasilkan komponen berkualitas tinggi, seperti Muffler, Swing Arm dan Steering Handle untuk motor, serta Reinforcement Sub Assy Instrument Panel/Beam Comp Steering Hanger, dan Hood Lock serta Member Suspension untuk mobil, dan Fastener.

Selain itu Dharma Group menjadi supplier lokal terbesar, khusus untuk komponen seperti beam comp steering hanger untuk dashboard mobil, serta kabel listrik dan kabel kontrol untuk motor.

Produk-produk tersebut didistribusikan kepada pabrikan-pabrikan otomotif terkemuka, seperti PT Astra Honda Motor, PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, serta PT Honda Prospect Motor dan digunakan secara luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat lainnya di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.