Persaingan SUV Murah, Suzuki XL7 Mulai Ancam Posisi Xpander Cross

Kompas.com - 27/09/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi tampilan depan Toyota Rush TAMIlustrasi tampilan depan Toyota Rush
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaraan berjenis low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah di dalam negeri secara bulanan kembali menorehkan kinerja positif, setelah anjlok pada dua bulan sebelumnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, selama Agustus 2021 segmen terkait berhasil naik 16,7 persen dari pencapaian sebulan sebelumnya, atau dari 9.441 unit menjadi 11.341 unit.

Padahal di waktu yang sama, kondisi industri otomotif belum cukup stabil meski angka penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) menunjukkan tren positif.

Pada beberapa kasus, krisis cip semikonduktor jadi tantangan tersendiri di samping pandemi Covid-19.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Belajar Naik Motor Lebih Baik Pakai Tipe Manual ketimbang Matik?

Penjualan LSUV semester awal 2017Stanly/KompasOtomotif Penjualan LSUV semester awal 2017

Hanya saja, torehan ini menjadi bukti bahwa sektor otomotif Indonesia mampu bangkit secara agresif, terkhusus setelah ada insentif PPnBM mulai Maret 2021. Diyakini, tren terkait mampu terjaga sampai akhir tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atas kinerja itu pula, LSUV masih konsisten menjadi salah satu kontributor penjualan mobil nasional terbesar dengan penguasaan sekitar 14 persen.

Sementara jika dibanding dengan torehan tahun lalu, penjualan LSUV per-Agustus 2021 naik signifikan. Sebab kala itu, pasar hanya mampu menyerap 4.874 unit saja karena pandemi.

Adapun penguasa SUV murah di Tanah Air, dalam bulan kedelapan tahun ini ialah Toyota Rush dengan total 4.715 unit. Capaian tersebut melonjak naik sebesar 44,4 persen secara bulanan atau dari 3.263 unit.

Mitsubishi Xpander Cross sebagai pesaing terkuat yang sempat menduduki posisi puncak, terpaksa turun ke posisi kedua karena terjadi penurunan penjualan. Pada bulan lalu, model ini mampu mencapai 3.832 unit tapi sekarang hanya 2.590 unit.

Baca juga: Daftar Harga LSUV Bekas Bulan Ini, Rush Mulai Rp 120 Jutaan, HR-V Rp 190 Jutaan

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021

Tepat berada di bawahnya, ada Suzuki XL7 dengan selisih sangat tipis, yaitu 85 unit saja. Maka, agaknya persaingan ketat antara kedua produk tersebut akan semakin memanas dalam waktu dekat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.