Emak-emak Ditilang, Ogah Turun dari Motor Hingga Didorong Polisi

Kompas.com - 27/09/2021, 13:01 WIB
Emak-emak di dorong polisi beserta motornya lantaran tak terima di tilang instagram.com/dashcamindonesiaEmak-emak di dorong polisi beserta motornya lantaran tak terima di tilang

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali kita melihat pengendara sepeda motor yang tak terima ditilang oleh para petugas. Bahkan beberapa dari mereka melakukan berbagai cara agar kendaraannya tidak ditahan oleh petugas. Seperti halnya yang dilakukan wanita berbaju biru ini.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun instagram Dashcam Indonesia, terlihat rekaman wanita tersebut tidak mau turun saat sepeda motor yang dikendarai akan ditilang.

Pengendara ini diketahui tidak menggunakan helm, tidak membawa Surat Izin Mengemudi, tidak membawa surat kendaraan, bahkan sepeda motor itu terlihat tidak menggunakan pelat nomor.

Baca juga: Masih Banyak Pengendara Motor Egois Berkendara Sambil Merokok

Namun pengendara tersebut tetap ngotot berada di atas motor karena tidak terima ditilang. Alhasil polisi pun terpaksa mendorong kendaraan berserta pengendaranya dengan sekuat tenaga hingga ke kantor polisi.

Aksi kocak tersebut pun ramai di media sosial dan mendapat berbagai respon dari warganet.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan untuk pengendara motor

Aturan berkendara bagi pengendara motor sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Agar tidak kena tilang, inilah beberapa peraturan tersebut.

1. Motor harus lengkap dengan nomor polisi

Hilang satu kena Pasal 280. Bunyinya (diringkas), orang yang mengendrai motor tidak dipasangi tanda nomor pelat nomor) yang ditentukan polisi sebagaimana yang dimaksud Pasal 68 ayat 1 dipidana kurungan 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

2. Punya Surat Izin Mengemudi (SIM)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.