Ada Disrupsi, Penjualan Mobil Bekas Mobil88 Tetap Naik 20 Persen

Kompas.com - 24/09/2021, 07:22 WIB
Ilustrasi mobil bekas. ReutersIlustrasi mobil bekas.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Serasi Mitra Mobil atau lebih dikenal Mobil88 melaporkan bahwa kinerja atas penjualan mobil bekas di dalam negeri sepanjang tahun ini meningkat hingga 20 persen dibandingkan capaian 2020.

Padahal, dalam waktu bersamaan pandemi Covid-19 masih kerap membayangi berbagai aktivitas, terkhusus pada wilayah Jawa dan Bali.

Selain itu, pemerintah juga menerapkan pembebasan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) terhadap mobil baru berkapsitas 1.500 cc mulai Maret 2021. Diskon PPnBM ini praktis membuat harga mobil baru lebih murah sehingga lazimnya menekan pasar mobil bekas.

Baca juga: Alasan Pemotor Wanita Kerap Melakukan Kesalahan Saat Berkendara

Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

Presiden Direktur PT Serasi Mitra Mobil Naga Sujady mengatakan, hal tersebut karena masyarakat kini mulai sadar terhadap kesehatan dengan menjaga jarak sosial. Sehingga, keinginan membeli mobil pribadi menjadi lebih kuat.

"Tahun ini memang challenging, tapi bila dibandingkan tahun lalu sudah mampu tumbuh 15 persen sampai dengan 20 persen," katanya dalam diskusi virtual, Kamis (23/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum lagi, setiap pembelian mobil bekas dari Mobil88 sudah menjalani proses yang steril seperti penyemprotan disinfektan secara menyeluruh. Sehingga, perseroan menjamin kesehatan dan kebersihannya.

Hanya saja, Sujady tidak menyebutkan secara rinci pertumbuhan terkait melalui jumlah volume mobil terjual. Termasuk produk atau model apa saja yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan sama, ia pun menyebut bahwa pihaknya akan mengandalkan penjualan dari kanal e-commerce baru yaitu mo88i (mobi).

Baca juga: Pertamina Mulai Salurkan Solar Standar Euro 4 untuk Industri Otomotif

Launching Aplikasi mo88i Launching Aplikasi mo88i

Sebab dalam layanan yang sudah teritgerasi dengan ekosistem Astra tersebut, konsumen bisa melakukan transaksi jual, beli, dan tukar tambah mobil bekas secara mudah.

"Platform digital mo88i menyuguhkan layanan terintegrasi mulai dari pembelian, penjualan, hingga tukar tambah. Dengan mengoptimalkan ekosistem Grup Astra, kami berkomitmen untuk memberikan solusi total yang berkesinambungan,” ujar Presiden Direktur PT Serasi Autoraya Yosafat Siregar.

Aplikasi ini juga bisa membantu memberikan saran dan konsultasi melalui live chat mengenai pilihan mobil, harga, hingga info pembiayaan dan asuransi. Selain itu, pembayaran booking kendaraan ataupun down payment pun bisa dilakukan.

Kemudian, calon pembeli juga bisa meminta untuk melakukan pengujian mobil sebelum membelinya (home test drive). Bila mobil yang diinginkan belum ada, pelanggan pun bisa melakukan pre-order.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.