Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Perkara Mobil Listrik Ricky Elson Gagal Uji Emisi, Ini Faktanya

Kompas.com - 19/09/2021, 07:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama mobil listrik Selo buatan Ricky Elson belakangan ramai di media sosial. Bukan tanpa sebab, kendaraan yang dibangun pada 2013 itu mencuat karena unggahan soal mobil listrik yang gagal uji emisi.

Sebagai ilmuan dan pemegang paten motor listrik, Ricky Elson dibuat resah dengan viralnya video tersebut. Ia coba meluruskan duduk perkaranya, mengapa sampai mobil listrik Selo disebut gagal uji emisi?

Padahal seperti mobil listrik pada umumnya, Selo tidak menghasilkan emisi. Emisi sendiri hanya dihasilkan oleh mobil dengan mesin bakar internal (ICE) atau mobil konvensional.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bossman Mardigu (@mardiguwp)

Menurutnya, gagal paham ini awalnya bermula dari pernyataan Kepala Sub Direktorat Penyidikan Tindak Pidana Khusus Kejagung pada 2014, dalam kasus pengadaan mobil listrik yang membelit Dasep Ahmadi.

Dasep adalah salah satu orang yang ditunjuk Dahlan Iskan untuk membuat mobil listrik, selain Ricky. Terkait kasus tersebut, mobil yang dibuat Dasep dinilai gagal uji emisi.

"Ditanyalah orang Kejaksaan Agung ini, Pak Turin tadi ini, maka Pak Turin tanpa melakukan validasi informasi mengumumkan ke wartawan bahwa 'Apa masalahnya mobil listrik (Dasep) itu?' (dijawab) 'mobil listriknya tidak lolos uji emisi dan berbahaya untuk dibawa ke jalan raya'," ujar Ricky, dikutip dari live Instagram @ricky_elson, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga: Rocky, Terios, dan Xenia Turun Harga Imbas Perpanjangan PPnBM 0 Persen

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ricky Elson (@ricky_elson)

Ricky mengatakan, informasi yang benar sebetulnya mobil listrik Dasep tidak lolos uji laik jalan karena memang sengaja dibuat sebagai prototipe. Bukan dibuat untuk diproduksi dan dijual secara massal.

Semenjak itu, narasi pernyataan mengenai mobil listrik produksi anak bangsa yang gagal uji emisi lebih sering sampai di tengah-tengah masyarakat.

Padahal menurut Ricky, uji emisi bagi mobil listrik buatan anak bangsa, belum pernah dilakukan di Indonesia.

Baca juga: XL7 Bawa Angin Segar Penjualan Domestik dan Ekspor Suzuki

Sedan sport listrik SeloAzwar Ferdian/KompasOtomotif Sedan sport listrik Selo

"Ini kita diseret oleh kesalahpahaman ini sehingga membawa sebuah kesan negatif, membawa sebuah aura negatif di sisi anak-anak muda yang lagi bergairah mengembangkan teknologi 'masak sih? Enggak masuk akal, kok mobil listrik nggak lolos uji emisi?',” ucap Ricky.

“Tapi pada waktu itu saya juga sebenarnya sudah berusaha membuatkan sebuah postingan, tapi ternyata ini tidak bisa menepis kuatnya badai isu tentang gagal uji emisi ini," kata dia.

Sementara itu, mengenai Selo yang sering terpampang di unggahan media sosial sebagai mobil listrik yang gagal uji emisi, Ricky juga tidak tahu menahu maksud dan tujuannya.

"Tapi video yang mengalir di sana adalah mobil listrik Selo yang saya kembangkan. Saya enggak tahu apa maksud dari postingan itu, apakah ingin menyindir pemerintah atau ingin lucu-lucuan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com