Suzuki Recall Jimny di Indonesia, Apa Risiko Kerusakannya?

Kompas.com - 21/09/2021, 12:31 WIB
Test Drive Suzuki Jimny STANLY RAVEL-KOMPAS.comTest Drive Suzuki Jimny

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 21 unit Suzuki Jimny bertransmisi otomatis yang dipasarkan di Indonesia berpotensi mengalami masalah rembesan oli. Hal tersebut dikarenakan rusaknya karet seal imbas kesalahan pada proses produksi.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun menggelar kampanye perbaikan alias recall terhadap 21 Jimny produksi Jepang lansiran Mei hingga Juni 2021 yang sudah berada di tangan konsumen.

Lantas apa efeknya bila konsumen pemilik Jimny tersebut tidak mengikuti recall atau melakukan perbaikan. Kerusakan atau masalah apa yang bisa terjadi pada SUV ikonik berdimensi compact tersebut.

Baca juga: Ubahan pada Honda N7X, Penerus BR-V yang Meluncur Hari Ini

Menjawab hal ini, Hariadi selaku Asst.to Service Dept. Head SIS mengatakan, bila memang ditemukan masalah seal yang membuat oli pada Jimny bocor maka akan berdampak pada sistem transmisi otomatisnya.

Suzuki Recall Jimny di IndonesiaSIS Suzuki Recall Jimny di Indonesia

"Indikasinya pengguna akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan atau melakukan perpindahan transmisi otomatis. Karena itu, kami memanggil konsumen untuk melakukan pemeriksaan oli seal tersebut," kata Hariadi beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hariadi mengatakan, Suzuki akan melakukan pergantian secara cuma-cuma terhadap unit Jimny yang bermasalah.

Untuk pengecekan, akan dilakukan dalam dua tahap, bila unit tak mengalami risiko kerusakan seal maka pihaknya akan mengganti washer set saja.

Namun, bila ternyata ketika pengecekan ditemukan adanya rembesan, otomasi pergantiannya meliputi satu set transmisi otomatis dengan estimasi perbaikan lebih kurang lima sampai enam jam.

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Across Hybrid untuk Pasar Indonesia

Masalah Sil oli pada JimnySIS Masalah Sil oli pada Jimny

"Oli seal ini berada di dalam gearbox dengan warna merah, bila terlipat bisa menimbulkan kebocoran oli tersebut. Unit akan mulai kita panggil untuk dilakukan pengecekan dan pergantian," kata Hariadi.

Tak hanya masalah kebocoran oli, Suzuki Jimny yang dipasarkan di Indonesia juga mengalami masalah door harness.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.