PPKM Level 2-4 Diperpanjang, Ini Syarat Perjalanan ke Luar Kota Pakai Mobil Pribadi

Kompas.com - 21/09/2021, 09:12 WIB
Petugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung. Dok Ditlantas Polda LampungPetugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Investasi Luhut Binsar Pandjaitan resmi mengumumkan Pemberlakuan Pembataasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 diperpanjang mulai 20 September sampai 4 Oktober 2021.

“Dengan melihat perkembangan yang ada, perubahan PPKM level diberlakukan selama dua minggu untuk Jawa-Bali,” ucapnya dalam konferensi pers perkembangan PPKM secara virtual, Senin (20/9/2021).

Kali ini, Luhut mengatakan bahwa di daerah Jawa-Bali tidak ada kota atau kabupaten yang berada pada PPKM Level 4. Jadi, beberapa daerah ada yang PPKM Level 2 dan Level 3.

Baca juga: Operasi Patuh Jaya 2021 Dimulai Hari Ini

Pemeriksaan syarat perjalananJasa Marga Pemeriksaan syarat perjalanan

Oleh karena itu, ada beberapa perubahan syarat perjalanan yang sudah diatur pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Giliran Honda Kena Dampak Krisis Cip, Produksi Minus 150.000 Unit

Baik di daerah dengan PPKM Level 3 maupun 2, jika melakukan perjalanan ke luar kota dengan kendaraan pribadi, harus menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan hasil negatif tes antigen yang dilakukan maksimal H-1 pemberangkatan.

Dua ketentuan tadi hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa-Bali atau dari Jawa-Bali ke daerah luar Jawa-Bali. Selain itu, syarat perjalanan ini juga tidak berlaku di daerah aglomerasi seperti Jabodetabek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.