Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengalami Tank Slapper, Apa yang Mesti Dilakukan?

Kompas.com - 20/09/2021, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berkendara menggunakan sepeda motor ada istilah Tank Slapper, yaitu merupakan kondisi goyangan yang berlebihan pada setang saat kondisi sedang kencang.

Kondisi Tank Slapper bisa sangat berbahaya apalagi jika terjadi di kecepatan tinggi, dan makin berbahaya jika pengendara salah dalam mengantisipasi gerak motor.

Baca juga: Ganjil Genap di Kawasan Wisata Bakal Merugikan jika Tanpa Persiapan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabloid OTOMOTIF (@otomotifweekly)

 

"Biasanya pada kondisi ini pengendara sulit untuk mengontrol kestabilan dan keseimbangan motor sehingga bisa saja mengalami kecelakaan saat berkendara," kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, kepada Kompas.com, Senin (20/9/2021).

Agus mengatakan, jika mengalami kondisi seprti itu maka pengendara harus tetap tenang, kemudian menutup gas untuk mengurangi kecepatan, serta yang paling penting menjaga keseimbangan.

"Ketika pengendara mengalami kejadian tersebut sebaiknya segera mengurangi kecepatan dengan menutup gas dan menginjak rem belakang agar goyangan pada setang dapat berkurang," katanya.

Baca juga: Bahaya Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan, Bisa Bikin Celaka

All New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL All New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di Indonesia

"Dan yang paling penting adalah jangan panik saat mengalami kejadian tersebut agar kita dapat berpikir dengan tenang dan mengontrol motor dengan baik," kata Agus.

Dilansir dari akun Instagram Otomotif Weekly, menyebut tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pengendara jika mengalami kondisi tersebut kecuali membiarkan setang kembali normal.

"Berusaha rileks sambil menurunkan kecepatan hingga stang tersebut kembali stabil. Memasang stabilizer atau steering damper adalah salah satu kunci terhindar dari tank slapper," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com