Pasang Target Baru, Suzuki Pede Perluas Ekspor Mobil Rakitan Indonesia

Kompas.com - 18/09/2021, 13:42 WIB
Suzuki XL7 KOMPAS.COM/STANLY RAVELSuzuki XL7


JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat tingginya permintaan dari berbagai negara terhadap produk Suzuki rakitan Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) percaya diri menaikkan target ekspor, baik dalam bentuk completely build up (CBU) dan completely knock down (CKD).

"Pada 2021 ini kami melihat tingginya permintaan produk Suzuki di berbagai negara dan kami melakukan evaluasi dengan menaikkan target ekspor CBU dan CKD sebesar 66.500 unit," ujar Donny Saputra, Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS dalam webinar yang dihelat bersama Forwot, Jumat (17/9/2021).

Menurut Donny, untuk mengejar target 66.500 unit tersebut, ada beberapa hal yang akan dilakukan. Salah satunya mengenjot kuantitas dengan menambah negara destinasi tujuan ekspor dari yang sudah ada saat ini.

Baca juga: Tambah Fitur Hemat, Harga Terios Naik Mulai Rp 3,8 Juta

Donny mengkalim sudah ada empat negara baru sebagai destinasi pengapalan produk Suzuki buatan Indonesia di periode 2021 hingga 2022.

Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi ErtigaKOMPAS.com/Ruly Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi Ertiga

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan sebaran ekspornya juga melebar, tak hanya di benua Latin Amerika, tapi mengarah ke Timur Tengah.

"Jadi secara target sudah ada tambahan negara baru yang kami harap bisa meningkatkan volume ekspor CBU dan CKD sebesar 66.500. Untuk pembagiannya saya tidak bisa detailkan, tapi untuk tambahannya ada empat negara baru," ucap Donny.

Seperti diketahui, walau sampai saat ini Suzuki Indonesia masih puasa model baru, namun kinerja produk rakitan lokal masih memiliki serapan pasar yang cukup baik.

Tak hanya di domestik, tapi juga mancanegara. Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian ekspornya periode Januari hingga Agustus 2021 yang hampir menyentuh 40.000 unit atau mengalami pertumbuhan 37 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: XL7 Bawa Angin Segar Penjualan Domestik dan Ekspor Suzuki

Suzuki Carry Wide Deck Facelift APAR 2021SUZUKI INDOMOBIL SALES Suzuki Carry Wide Deck Facelift APAR 2021

Untuk ekspor CBU, XL7 menjadi penyumbang terbesar dengan kontribusi 39 persen atau berada dikisaran 10.500 unit. Setelah itu Carry dengan jumlah 9.898 unit.

"Ekspor membaik karena market di luar negeri juga membaik dibanding tahun lalu. Harapan kami sampai akhir tahun kami bisa kejar dan sampai angka 40 persen," kata Donny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.