Sudah Tahu Fungsi Baut Panjang di Bawah Footpeg Motor?

Kompas.com - 16/09/2021, 11:02 WIB
Baut di bawah footpeg yang disebut bank sensor Dok. RedditBaut di bawah footpeg yang disebut bank sensor

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak bagian pada sepeda motor yang sebenarnya memiliki fungsi cukup penting, tapi tidak diketahui banyak orang. Salah satunya adalah baut yang ada di bawah footpeg sepeda motor?

Dikutip dari Ride-hi.com, Rabu (15/9/2021), baut ini disebut juga dengan "bank sensor". Bentuknya tidak terlalu panjang, tapi letaknya ada di bawah footpeg.

Baca juga: Habis Bongkar Roda, Begini Aturan Kencangkan Baut Pelek Mobil

Sesuai namanya, fungsinya adalah untuk memberitahukan pada pengendara jika menikung terlalu miring. Jika baut ini menyentuh aspal, berarti Anda sudah menikung terlalu miring dan itu berbahaya.

Baut di bawah footpeg yang disebut bank sensorDok. Reddit Baut di bawah footpeg yang disebut bank sensor

Pengendara tentunya akan menyadari saat baut tersebut menyentuh aspal. Sehingga, pengendara tersebut memiliki waktu untuk menegakkan motornya.

Ujung baut bank sensor dibuat membulat. Selain itu, footpeg juga bisa menekuk. Jadi, risiko akan tersangkut saat menyentuh aspal cukup kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Asal, Mengencangkan Baut Pelek Mobil Ada Aturannya

Baut di bawah footpeg yang disebut bank sensorDok. Reddit Baut di bawah footpeg yang disebut bank sensor

Umumnya, footpeg seperti ini dapat ditemui pada jenis motor sport. Namun, ada juga motor yang memiliki footpeg yang bisa menekuk, tapi tidak dilengkapi dengan bank sensor.

Baut di bawah footpeg yang disebut bank sensorDok. Reddit Baut di bawah footpeg yang disebut bank sensor

Banyak pemilik motor sport yang tidak mengetahuinya dan mengganti footpeg menjadi model balap atau underbone. Sehingga, menghilangkan fungsi bank sensor tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.