Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2021, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan mulai sering membasahi sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Banyak pengendara sepeda motor yang lebih memilih menggunakan jas hujan dan terus jalan, agar lekas tiba di tujuan.

Sayangnya, banyak yang tak paham cara menyimpan jas hujan yang benar. Ketika sudah sampai tempat tujuan, masih banyak yang langsung menyimpan jas hujan dalam kondisi basah di bagasi atau bawah jok.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ingat Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco

Alexander Reyner, pemilik toko perlengkapan berkendara motor, RC Motogarage, mengatakan, jas hujan sebaiknya jangan terlalu lama dilipat dan ditaruh di bagasi motor. Khususnya, untuk jas hujan dengan bahan polyester dan gore tech.

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

"Untuk bahan polyester 100 persen atau gore tech perawatannya sedikit susah, dia tidak bisa dilipat dan ditaruh di bawah jok, karena tidak tahan lama dan pada waktunya akan rusak," kata Reyner, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jika sudah dipakai, menurut Reyner, sebaiknya jas hujan didiamkan atau digantung untuk memastikan sudah kering seutuhnya. Setelah itu, jangan langsung dilipat, ditaruh di bagasi, atau tempat yang bersuhu panas, karena akan membuatnya getas.

Baca juga: Menghadapi Ban Mobil Selip Saat Hujan, Apa yang Bisa Dilakukan?

"Setelah dipakai, kalau kotor jangan dicuci pakai sabun. Kalau mau pakai sabun, pakai yang khusus buat gore tech atau waterprof. Kalau emang gak mau beli, cukup basuh pakai air hangat dan lap pakai kanebo," kata Reyner.

Jas hujan yang nyaman Motorcycle-jackets-rain Jas hujan yang nyaman

Reyner menambahkan, tiap benda pasti memiliki masa pakai, meskipun sudah dirawat dengan baik. Untuk itu, sebaiknya jas hujan juga disemprot cairan anti air atau water repellent, yang sudah banyak di pasaran.

"Bisa juga disemprot spray waterproof, merek apapun itu bisa. Sebab, jas hujan memang sebaiknya dilalukan recoating," ujar Reyner.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com