Ganjil Genap di Wilayah Puncak Pekan Ini, Tidak Ada Sanksi Tilang

Kompas.com - 03/09/2021, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba pembatasan kendaraan bermotor dengan mekanisme ganjil genap di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat mulai berlaku pada hari ini, Jumat (3/9/2021) hingga akhir pekan.

Langkah ini diambil Polres Bogor untuk menekan kepadatan kendaraan dan mobilitas masyarakat selama masa pemberlakuan PPKM Level 3. Sebab, di akhir pekan lalu terjadi kemacetan panjang.

Untuk masa pemberlakuannya, dikatakan Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata, berlaku pada pukul 09.00-10.00 WIB untuk sesi pertama. Kemudian dilanjutkan pukul 12.00 WIB hingga malam nanti.

Baca juga: Ganjil Genap di 5 Ruas Tol Bandung Berlaku Hari Ini

Uji coba pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai diberlakukan pada hari ini Jumat (3/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Uji coba pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai diberlakukan pada hari ini Jumat (3/9/2021).

"Kami sepakati dilaksanakan hari ini lebih awal, di mana pelat (nomor) kendaraan yang sesuai tanggal hari ini atau ganjil, itu diizinkan naik," ujar Dicky dalam keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Adapun kondisi terkini, menurut laporan tim redaksi situasi arus lalu lintas terpantau lancar di kedua arah jalur Puncak Bogor pada Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor Baik dari arah Jakarta menuju arah Puncak Bogor, maupun dari arah Cianjur menuju arah Bogor.

Sejumlah papan petunjuk untuk pengendara kendaraan telah terpasang, dilengkapi dengan traffic cone untuk menyekat kendaraan yang akan masuk ke kawasan Puncak Bogor.

Adapun kendaraan dengan pelat nomor akhir ganjil diizinkan masuk melalui lajur sebelah kiri jalan. 

Baca juga: Imbas PPnBM 25 Persen, Harga BR-V dan HR-V di Solo Naik Rp 14 Jutaan

Uji coba pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai diberlakukan pada hari ini Jumat (3/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Uji coba pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai diberlakukan pada hari ini Jumat (3/9/2021).

Sementara kendaraan dengan pelat bernomor genap harus menggunakan lajur kanan jalan atau putar balik arah.

"Sanksi untuk saat ini masih sifatnya hanya imbauan dulu dan mengarahkan putar balik (arah) saja," ucap Dicky.

Untuk tujuh titik pemeriksaan dalam uji coba sistem ganjil genap di Puncak Bogor ialah pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Jalur Babakan Madang atau Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di kawasan Sentul, yaitu jalur Belanova serta pintu gerbang Sirkuit Sentul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.