Imbas PPnBM 25 Persen, Harga Brio RS di Solo Naik Rp 8 Jutaan

Kompas.com - 03/09/2021, 10:12 WIB
Honda Brio RS Urbanite Edition HONDA PROSPECT MOTOR/HPMHonda Brio RS Urbanite Edition

SOLO, KOMPAS.com - Masa berlaku pembebasan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah untuk pembelian mobil tertentu berkapasitas 1.500 cc berakhir pada 31 Agustus 2021.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.010/2021, yang resmi diundangkan pada 30 Juni 2021. Kebijakan ini pun mengubah skema PPnBM DTP melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.010/2021.

Baca juga: Setelah Xpander, Giliran Fortuner Mundur di Tanjakan Sitinjau Lauik

Menurut regulasi tersebut, untuk bulan September hingga Desember 2021, pengenaan PPnBM untuk kendaraan terkait akan naik seiring berkurangnya pemberian diskon menjadi 25 persen.

Salah satu pabrikan yang menikmati relaksasi ini adalah PT Honda Prospect Motor (HPM). Tercatat ada enam produk Honda yang sudah memenuhi persyaratan pemerintah, yakni tingkat local purchase di atas 60 persen dan berkapasitas di bawah 1.500 cc.

Honda Brio RSKOMPAS.com / Gilang Honda Brio RS

Honda Brio RS menjadi salah satu andalan Honda di segmen city car. Honda Brio sendiri saat ini terbagi jadi 2 tipe dengan emblem yang berbeda.

Brio RS sebagai city car penerima insentif PPnBM dan Brio Satya sebagai mobil LCGC yang tidak mendapat diskon pajak penjualan tersebut. Baik Brio Satya maupun Brio RS sama-sama dibekali dengan mesin SOHC konfigurasi 4 silinder segaris berkapasitas 1.199 cc.

Baca juga: 5 Ruas Tol Bandung Berlaku Ganjil Genap hingga Malam Hari

Dengan adanya penurunan diskon PPnBM menjadi 25 persen, maka otomatis harga mobil yang mendapatkan insentif PPnBM juga mengalami kenaikan pada bulan ini.

Dari data yang diterima redaksi Kompas.com dari salah satu tenaga penjual di diler Honda Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/9/2021), Honda Brio RS sudah mengalami kenaikan harga terkait insentif PPnBM yang telah dikurangi.

All new Honda Brio RS di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio RS di GIIAS 2018

Honda Brio RS di Solo, Jawa Tengah mengalami kenaikan sebesar Rp 8 jutaan dibanding bulan lalu. Lebih detailnya, untuk Brio RS dengan transmisi otomatis mengalami kenaikan Rp 8,8 juta sedangkan untuk transmisi manual mengalami kenaikan Rp 8 juta.

Baca juga: Viral, Video Angkot Halangi Laju Ambulans

Berikut harga lengkap Honda Brio RS di Solo, Jawa Tengah setelah diskon PPnBM 25 persen untuk bulan September 2021.

Brio RS M/T harga Rp 189,8 juta naik Rp 8 juta
Brio RS CVT harga Rp 205,5 juta naik Rp 8,8 juta
Brio RS Urbanite M/T harga Rp 196,8 juta naik Rp 8 juta
Brio RS Urbanite CVT harga Rp 212 juta naik Rp 8,8 juta

Sedangkan untuk Honda Brio Satya, harga masih sama dengan bulan Agustus. Berikut harga lengkapnya untuk bulan September:

Brio Satya S M/T harga Rp 152,1 juta
Brio Satya E M/T harga Rp 161,1 juta
Brio Satya E CVT harga Rp 176,6 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.