KTM Resmi Ungkap RC 390 Model Baru

Kompas.com - 01/09/2021, 18:20 WIB
KTM RC 390 2022 Foto: MotorbeamKTM RC 390 2022
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah gambar-gambarnya sempat bocor, KTM akhirnya melansir generasi baru KTM RC390. Motor meluncur global dengan berbagai ubahan dari versi lama.

Selain KTM RC390, pabrikan yang lekat dengan warna orange tersebut juga meluncurkan generasi baru RC125 dan RC200. Dua motor yang gambarnya juga sempat bocor.

Dapat dilihat bahwa hal paling berbeda dari RC390 ialah tampilan luarnya. Bentuknya mungkin kurang familiar buat sebagian orang. Terutama bentuk lampu depan yang cukup besar.

Baca juga: Video Bus Lindas Motor, Ini Risiko Menempel Kendaraan Besar

KTM RC390 2022Foto: Motorbeam KTM RC390 2022

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembaruan lainnya yaitu tangki yang lebih berotot. Fairing depan turut didesain ulang, bagian ekor menyatu dengan desain fasia depan. Tak lupa grafis bodi baru membuat lebih sporti.

Tampilan baru ini disebut tak cuma unggul soal desain tapi juga aerodinamika. Ventilasi udara dan lekukan bodinya memastikan aliran udara lebih optimal.

KTM turut merevisi bagian mekanis. Mesin 373cc, silinder tunggal, berpendingin cairan itu dibekali boks filter udara baru dan mapping mesin yang direvisi.

Tujuannya untuk “peningkatan torsi dan kemampuan berkendara secara keseluruhan.” Walaupun bagian dalaman mesin pada dasarnya tidak berubah jauh.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Maut Bus Sugeng Rahayu, Ini Bahaya Nyalip di Tikungan

KTM RC 390 2022Foto: Motorbeam KTM RC 390 2022

Hasilnya di atas kertas, mesin mampu menghasilkan tenaga 44 tk. Torsinya juga meningkat menjadi 37 Nm. Alhasil kecepatan tertinggi diklaim lebih tinggi 11 kpj dari versi lama.

Pengereman menggunakan produk dari ByBre yang lebih ringan. Kemudian sasis dibuat lebih ringan 1,5 kg. Total diet ketat tersebut mampu memangkas 3,4 kg.

Motor lebih ringan tenaga lebih besar, menghasilkan motor lebih kencang. Tak lupa KTM juga memperbaiki sistem suspensi yang disebut dapat meningkatkan pengendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.