Bus Baru PO Putra Remaja, Pakai Sasis Scania

Kompas.com - 01/09/2021, 17:52 WIB
Bus AKAP baru PO Putra Remaja DOK. LAKSANABUSBus AKAP baru PO Putra Remaja

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Putra Remaja baru saja merilis satu unit bus terbaru dari karoseri Laksana. Bus terbaru ini memakai bodi Legacy SR2 HD Prime S Series yang dipasang ke sasis Scania K310iB.

Sasis Scania K310iB sebenarnya bisa dipasangkan ke bodi bus yang lebih besar, seperti XHD Prime dengan panjang 12,8 meter. Namun untuk unit PO Putra Remaja ini memakai bodi yang biasanya dipakai oleh bus dengan GVW 16 ton.

Jadi jika dilihat secara eksterior, bus ini memiliki panjang hanya 12 meter. Kemudian karena mesinnya yang cukup besar, bagian pintu belakang dipindah ke sisi tengah, membuat tampilan busnya semakin premium.

Baca juga: Insentif PPnBM untuk Mobil Baru Turun Jadi 25 Persen Mulai Hari Ini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Danang Maulana, Sales Representative karoseri Laksana mengatakan, pemilihan bodi bus dan panjangnya yang sedikit berbeda itu berdasarkan keinginan pemilik dan mengikuti buku KIR dan SRUT.

“Untuk ukran panjang 12 meter karena mengikuti KIR dan SRUT. Apalagi sudah ada kabar dari perhubungan kalau sasis single axle panjang maksimal bodinya dibuat 12 meter saja,” ucap Danang kepada Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

Scania K310iB ini sebenarnya punya GVW 19,5 ton. Biasanya bus dengan GVW tersebut dipasangkan dengan bodi yang lebih panjang, yakni 12,8 meter.

Baca juga: Recall Airbag Mobil Toyota Masih Berjalan, Ini Produk yang Terlibat

Melihat bagian eksterior, bus ini memakai kelir biru muda dengan beberapa aksen merah di bumper depan yang menyambung ke selendang. Kemudian di bagian samping ada gambar burung belibis serta tulisan Putra Remaja.

“Fasilitas di dalamnya, memakai audio dan TV di bagian depan dan tengah. Bagasi di atas kepala dengan penutup, toilet dengan flush, ditambah jok buatan Alldila seats sebanyak 32 unit dengan leg rest,” kata Danang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.