Ingat, Ini Hari Terakhir Insentif PPnBM 0 Persen untuk Mobil 1.500 cc

Kompas.com - 31/08/2021, 07:02 WIB
Pekerja membersihkan mobil di area stan Honda saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPekerja membersihkan mobil di area stan Honda saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 0 persen oleh pemerintah untuk mobil baru berkapasitas mesin di bawah 1.500 cc segera berakhir pada hari ini, Selasa (31/8/2021).

Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Sehingga, bagi warga Indonesia yang berniat untuk menggarasikan Avanza, Rush, Raize, Xenia, Terios, Rocky, Xpander, Brio RS, Livina, sampai XL7, dan Confero segera melakukan proses pembelian di diler terdekat.

Baca juga: Kilas Balik Perjalanan Wuling Confero Series di Indonesia

Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSS

Apalagi, baru-baru ini beberapa produk terkait hadir dengan varian atau model terbaru seperti Yaris GR Sport, Rush GR Sport, hingga Rocky dan Raize 1.2L.

“Bagi yang membutuhkan kendaraan untuk kembali bermobilitas, sekarang saat yang tepat untuk membeli mobil baru Toyota. Kesempatan emas untuk segera memanfaatkan diskon PPnBM, termasuk untuk model GR Sport yang baru saja diperkenalkan," kata Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan, Senin (30/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang, beberapa waktu belakangan Kementerian Perindustrian tengah meminta pihak Kementerian Keuangan untuk memperpanjang pemberian relaksasi hingga akhir tahun.

Sebab, melalui diskon tersebut industri otomotif dalam negeri mampu pulih dengan cepat usai terdampak pandemi Covid-19 tahun lalu. Bahkan, total pertumbuhannya mencapai lebih dari 125 persen.

Namun sampai artikel ini diterbitkan, belum terdapat keterangan resmi dari kementerian terkait. Seluruhnya sedang menunggu dan menghitung lagi agar kebijakan tepat sasaran.

Baca juga: Bikers, Jangan Kebanyakan Ragu-ragu Saat di Jalan

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Untuk diketahui, PPnBM merupakan pungutan tambahan setelah atau di samping Pajak Pertambahan Nilai alias PPN.

Pemungutan instrumen tersebut hanya sekali saat impor barang. Pajak akan disetor langsung oleh produsen atau pihak penjual dan nantinya dibebankan pada konsumen dalam harga jual.

Sehingga, dengan adanya PPnBM 0 persen, harga mobil yang ada di pasaran menjadi turun.

Berikut mobil yang seluruh variannya dapat menikmati insentif PPnBM:

Toyota Yaris
Toyota Vios
Toyota Sienta
Toyota Avanza
Toyota Rush
Toyota Raize
Daihatsu Xenia
Daihatsu Gran Max Minibus
Daihatsu Luxio
Daihatsu Terios
Daihatsu Rocky
Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Cross
Nissan Livina
Honda Brio RS
Honda Mobilio
Honda BR-V
Honda HR-V
Suzuki New Ertiga
Suzuki XL-7
Wuling Confero

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.