Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Race Control Sirkuit Mandalika dengan Atap Ikonik

Kompas.com - 19/08/2021, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengaspalan trek di Sirkuit Mandalika sudah selesai. Tim kini sedang mengerjakan pembangunan infrastruktur di dalam sirkuit seperti race control dan pit building.

Pekan lalu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, pembangunan race control sudah mencapai 83,75 persen dan fondasi pit building mencapai 85,9 persen.

Baca juga: Spesifikasi Nissan Leaf di Indonesia, Sudah Diuji Banjir hingga Petir

Adapun race control adalah ruangan khusus yang diperuntukan untuk melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ITDC (@itdc_id)

 

Kini Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), mengunggah desain race control ketika nanti selesai.

Disebutkan, desainnya memadukan karakter kecepatan, lintasan balap dan kearifan lokal dari cerita Putri Mandalika dengan bentuk Atap Nyale.

"Fasad bangunan dengan transformasi bentuk dan material mencerminkan kecepatan dan dinamisme di atas lintasan balap serta artikulasi Atap Nyale mempersatukan gubahan massa Race Control Building dengan bangunan Pit dan Paddock, menciptakan arsitektur yang khas di Mandalika," tulis ITDC dikutip, Kamis (19/8/2021).

Race Control Building Mandalika International Street CircuitFoto: Tangkapan layar akun Instagram ITDC Race Control Building Mandalika International Street Circuit

Baca juga: Toyota Segarkan Fortuner Australia, Ini Bedanya dengan di Indonesia

Race control harus memenuhi persyaratan penunjang seperti peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun internasional, WIFI, CCTV, light system, timing system dan transponder.

Bangunan race control di sirkuit dengan nama lengkap Mandalika International Street Circuit itu memiliki luas 1.045 m2. Pembangunannya ditargetkan selesai pada September 2021.

"Bangunan ini memiliki akses langsung menuju Pit Lane dan sedekat mungkin dengan Start Line. Menjadikan bangunan ini sebagai landmark bagi Sirkuit Mandalika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com