Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gerbang ke MotoGP, FIM MiniGP Resmi Digelar mulai 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports dan FIM menggelar FIM MiniGP World Series mulai tahun ini. Ajang balap ini bisa menjadi gerbang awal menuju MotoGP.

Sayangnya, karena situasi pandemi, Indonesia tidak bisa menggelarnya tahun ini sehingga tidak bisa mengikuti World Final tahun ini juga.

Dikutip dari MotoGP.com, Senin (30/8/2021), FIM MiniGP Indonesia Series akan dimulai pada 2022, begitu pula dengan FIM MiniGP Qatar Series dan FIM MiniGP Austria Series.

Happy Harinto, Plt Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) International Road Racing Event, mengatakan, FIM MiniGP Indonesia Series adalah ajang pencarian talenta-talenta calon pebalap muda Indonesia untuk bisa masuk ajang MotoGP.

"Ini adalah kolaborasi antara FIM, Dorna Sports, dan IMI, yang mana setelah terpilih (juaranya) secara nasional akan dikirim ke final yang akan dilangsungkan di Valencia," ujar Happy saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Happy menambahkan, event ini diikuti oleh 15 negara dan pesertanya di rentang usia 10–14 tahun, dan untuk Indonesia sendiri akan dilakukan minimal sebanyak 5 seri.

"Event FIM MiniGP Indonesia Series - Road to MotoGP akan kami lakukan di beberapa kota di Indonesia yang bisa jadi kita temukan talenta-talenta baru di sana," kata Happy.

Happy mengatakan, saat ini IMI sedang mempersiapkan segala sesuatunya secara detail sesuai dengan kriteria dari FIM dan Dorna Sports. Akhir September ini, informasinya akan diumumkan secara nasional kepada publik.

"Harapan kami dari IMI tidak hanya sirkuit yang dibangun di negeri ini, tapi juga talenta-talenta muda pebalap Indonesia yang dibangun agar bisa banyak berkiprah di ajang pentas dunia. Sehingga, bibit-bibit muda untuk penjenjangan event kelas dunia bisa tumbuh dan membawa harum nama Indonesia," ucap Happy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/30/111200415/gerbang-ke-motogp-fim-minigp-resmi-digelar-mulai-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke