Mitos atau Fakta, Proyektor Lampu Mobil Bisa Meleleh

Kompas.com - 29/08/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi Hyundai Santa Fe facelift http://www.hyundaimobil.co.id/Ilustrasi Hyundai Santa Fe facelift
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, masih banyak pemilik kendaraan bermotor yang takut untuk menggunakan kampu proyektor (projector) pada mobil kesayangannya. Sebab, bagian terkait bisa meleleh sehingga penerangan tak maksimal.

Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Bonar Pakpahan di keterangannya mengatakan, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

"Kasus lampu proyektor meleleh cukup jarang terjadi, apalagi pada mobil yang sudah diuji secara menyeluruh oleh para engineer," ujarnya.

Baca juga: Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Wajib Keluar Masuk Wilayah Jateng

Kompas.com menjajal SUV Hyundai Palisade Signature AWD. Hyundai menawarkan kenyamanan dan fitur khas kendaraan premiumKompas.com/Setyo Adi Kompas.com menjajal SUV Hyundai Palisade Signature AWD. Hyundai menawarkan kenyamanan dan fitur khas kendaraan premium

Kejadian tersebut, lanjut Bonar, hampir tidak pernah kita dengar terjadi pada mobil keluaran pabrikan. Jikapun terjadi, tentu sudah direcall.

Kebanyakan kasus lampu proyektor lumer adalah karena penggunaan lampu yang tidak sesuai. Banyak terjadi akibat penggantian dengan lampu aftermarket yang proses penerapannya tidak sesuai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Misalnya pemilik mengganti bohlamnya dengan HID intensitas tinggi. Lampu HID menghasilkan panas yang tinggi. Bila pemasangan tidak benar atau minim ventilasi, maka mika pada lampu bisa lumer," jelas dia.

Baca juga: Kupas Fitur Nissan Leaf dan Hyundai Ioniq, Mana Lebih Menarik ?

"Hal demikian tidak akan terjadi pada mobil standar, apalagi pada mobil Hyundai terbaru," kata Bonar.

Karena, bohlam yang digunakan untuk lampu proyektor ini sudah sesuai spesifikasinya sehingga panas yang ditimbulkan pun tidak akan melelehkan plastik lampu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.