Kompas.com - 27/08/2021, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli Panarea hadir mengisi celah skutik bertampang retro kelas 125cc. Segmen yang tidak banyak pemainnya, selain sesama merek asal Italia yaitu Vespa LX.

Setelah mengulas desain, fitur dan rasa berkendara motor ini, Kompas.com mencoba melakukan tes tingkat konsumsi bahan bakar atau BBM dengan pemakaian dalam kota.

Baca juga: Triumph Perkenalkan Prototipe Tiger Sport 660

Benelli PanareaKOMPAS.com/Gilang Benelli Panarea

Test rider Kompas.com berbobot 79 kg. Metode yang digunakan full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Rute yang dipilih ialah jalan keseharian untuk beraktivitas. Waktunya pun bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang.

Meski demikian rider berusaha mengendarainya secara santai. Bukaan gas lembut dan kecepatan dibatasi hanya 60 kpj. Tapi tidak untuk mencari nilai konsumsi tertinggi.

Baca juga: Merasakan Posisi Berkendara Yamaha Qbix

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 161 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 3,608 liter. Hasilnya didapat 44,62 km per liter.

Hasil ini setara dengan tes konsumsi BBM Yamaha Freego yang pernah dimuat. Saat itu Kompas.com, melakukan tes dengan fitur Stop Start System (SSS) on hasilnya rata-rata 44,8 km/liter.

Panarea mengusung mesin 125cc, 4-tak, SOHC, bore x stroke 53.7 x 55.0. Rasio kompresi 9.0:1, menghasilkan 6,2 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm pada 6.000 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.