Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitung Konsumsi BBM Benelli Panarea

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli Panarea hadir mengisi celah skutik bertampang retro kelas 125cc. Segmen yang tidak banyak pemainnya, selain sesama merek asal Italia yaitu Vespa LX.

Setelah mengulas desain, fitur dan rasa berkendara motor ini, Kompas.com mencoba melakukan tes tingkat konsumsi bahan bakar atau BBM dengan pemakaian dalam kota.

Test rider Kompas.com berbobot 79 kg. Metode yang digunakan full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Rute yang dipilih ialah jalan keseharian untuk beraktivitas. Waktunya pun bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang.

Meski demikian rider berusaha mengendarainya secara santai. Bukaan gas lembut dan kecepatan dibatasi hanya 60 kpj. Tapi tidak untuk mencari nilai konsumsi tertinggi.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 161 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 3,608 liter. Hasilnya didapat 44,62 km per liter.

Hasil ini setara dengan tes konsumsi BBM Yamaha Freego yang pernah dimuat. Saat itu Kompas.com, melakukan tes dengan fitur Stop Start System (SSS) on hasilnya rata-rata 44,8 km/liter.

Panarea mengusung mesin 125cc, 4-tak, SOHC, bore x stroke 53.7 x 55.0. Rasio kompresi 9.0:1, menghasilkan 6,2 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm pada 6.000 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/27/164100015/hitung-konsumsi-bbm-benelli-panarea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke