Kompas.com - 26/08/2021, 09:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) berencana untuk ikut meramaikan pasar sport utility vehicle (SUV) compact (ringkas) dengan harga terjangkau di dalam negeri dalam waktu dekat.

Langkah tersebut akan ditempuh melalui peluncuran produk baru, yaitu Kiger secara virtual pada Jumat (27/8/2021) mendatang. Demikian dinyatakan di undangan yang diterima redaksi Kompas.com.

Sehingga, daftar pemain SUV murah 5- penumpang di pasar domestik akan bertambah, tidak hanya diisi oleh duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Kia Sonet, serta Nissan Magnite saja.

Baca juga: Tantang Rocky dan Raize, Renault Kiger Mengaspal Jumat Ini

Renault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021.ZIGWHEELS.com Renault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021.

Kabar kemunculan Kiger sendiri sebenarnya bukan berita baru. Sebab, pada beberapa waktu lalu sudah sempat beredar penampakan sosoknya di dunia maya yang tengah melakukan uji jalan di Jakarta.

Pihak MRI selaku distributor tunggal Renault di Indonesia pun tak menampik hal itu walau enggan untuk menyebutkan secara rinci. Mereka hanya dapat mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan kejutan.

Dalam kesempatan terpisah, salah satu purwaniaga Renault juga menyebut bila Kiger akan hadir pada waktu dekat. Bahkan, kisaran harganya sudah terbentuk untuk menjadi acuan penawaran ke konsumen potensial.

"Kisarannya Rp 275 juta, sudah bisa pre-booking. Tetapi untuk detilnya menunggu launching di Jumat nanti," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Sering Cuci Motor Selagi Mesin Masih Panas, Ada Konsekuensi

Tampilan belakang Renault KigerZIGWHEELS.com Tampilan belakang Renault Kiger

Penetapan harga ini cukup menarik karena dapat bersaing dengan para kompetitor. Hanya saja bila relaksasi PPnBM 100 persen diperpanjang maka Raize dan Rocky tetap menjadi SUV kompak termurah.

Sebelumnya, Kiger merupakan produk SUV baru dari Renault yang telah lebih dahulu diluncurkan di India pada tahun lalu. Melihat kemiripan atas segmentasi pasar, maka mobil direncanakan untuk masuk Indonesia.

Di lembar spesifikasinya, Kiger memiliki dimensi lebih besar dari Kwid dan Triber dengan panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.605 mm.

Dapur pacunya, dipercayakan mesin 3 silinder berkapasitas 999 cc yang mendapat bantuan turbo sehingga mampu menghasilkan tenaga 100 dk dan torsi 152 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.