Kompas.com - 25/08/2021, 11:02 WIB
Yamaha Qbix Kompas.com/AdityoYamaha Qbix

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Qbix meluncur juga di Indonesia, tapi melalui importir umum Safari Motor. Belum lama ini, Kompas.com juga ikut kebagian merasakan langsung fitur-fitur unggulan skuter matik (skutik) tersebut.

Qbix dengan desainnya yang mengotak memiliki sejumlah fitur yang tak kalah saing dengan skutik lainnya yang dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Bahas Desain Skutik Unik dan Eksentrik Yamaha Qbix

Pada bagian panel meternya, Qbix sudah dilengkapi dengan speedometer full digital. Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap, mulai dari konsumsi bahan bakar rata-rata, penunjuk waktu, voltmeter, odometer, trip meter, fuel meter, dan indikator lainnya.

Yamaha QbixDok. Safari Motor Yamaha Qbix

Namun, skutik ini tidak memiliki fitur canggih yang dimiliki Nmax dan Aerox. Tidak ada sistem koneksi untuk menghubungkan motor dengan ponsel pengendara melalui aplikasi Y-Connect.

Untuk sistem pencahayaannya, hanya lampu depan, lampu belakang, dan Daytime Running Light (DRL) saja yang sudah mengadopsi teknologi LED. Pada lampu sein, masih mengandalkan lampu bohlam biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Skutik 125 cc Yamaha Qbix Mau Masuk Indonesia, Bukan Lewat ATPM

Yamaha QbixKompas.com/Adityo Yamaha Qbix

Di bagian kunci kontaknya, Qbix yang didatangkan Safari Motor masih menggunakan sistem pengaman magnetis dengan penutup. Namun, pada varian tertinggi, sudah ada yang dibekali dengan smart key alias teknologi keyless.

Yamaha QbixDok. Safari Motor Yamaha Qbix

Terdapat juga laci berpenutup di bagian depan. Di dalam laci tersebut, terdapat electric power socket. Tapi, masih menggunakan model car charger, belum bisa langsung colok kabel USB.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Mundur di Tanjakan Sitinjau Lauik

Yamaha QbixDok. Safari Motor Yamaha Qbix

Kapasitas lacinya juga cukup sempit, hanya dapat memuat barang-barang kecil atau ponsel yang sedang dicas. Lacinya tidak dapat memuat botol kemasan air mineral.

Dek tengahnya cukup luas untuk membawa barang-barang. Sayangnya, di bagian deknya tidak dibuat rata. Sebab, di tengah-tengahnya terdapat tangki bahan bakar dan dari situ pula tempat untuk mengisi bensin.

Yamaha QbixDok. Safari Motor Yamaha Qbix

Namun, posisi tangki yang ada di bawah memberikan keuntungan pada bagasinya yang menjadi sangat luas. Kapasitas bagasinya mencapai 22,5 liter. Bagasinya dapat memuat helm full face dengan model tertentu. Selain itu, pada bagasinya juga terdapat sistem penerangan di bagian samping.

Lexi saja kapasitas bagasinya hanya 12,8 liter, masih lebih unggul Qbix. Tapi, masih lebih unggul lagi FreeGo dengan kapasitas bagasi mencapai 25 liter.

Baca juga: Honda Sensing Jadi Fitur Standar Accord Baru di Thailand

Yamaha QbixDok. Safari Motor Yamaha Qbix

Yamaha Qbix dipasarkan oleh Safari Motor dengan harga Rp 100 juta (off the road). Motor ini hanya didatangkan sebanyak 25 unit.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.