Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2021, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seminggu belakangan ini, Yamaha Qbix jadi bahan pembicaraan di antara para pencinta roda dua. Skuter matik (skutik) dengan desain mengotak tersebut akan dipasarkan di Indonesia.

Namun, penjualannya melalui importir umum (IU) Safari Motor yang berlokasi di daerah Karang Tengah, Tangerang. Hanya ada 25 unit yang akan diboyong dan dipasarkan dengan harga Rp 100 jutaan.

Baca juga: Skutik 125 cc Yamaha Qbix Mau Masuk Indonesia, Bukan Lewat ATPM

Kompas.com pun mendapat kesempatan untuk mencoba mengendarai skutik yang memiliki mesin berteknologi Blue Core tersebut. Meski hanya sebentar, tapi sudah cukup untuk mendapatkan impresi dari Qbix.

Yamaha QbixKompas.com/Adityo Yamaha Qbix

Dari desainnya, sesuai dengan namanya Qbix yang kemungkinan besar diambil dari kata Cube (kubus), bentuknya pun mengotak. Mulai dari panel meter, bodi depan, bodi belakang, lampu depan, dan belakang.

Selain bentuknya yang unik, warna yang diaplikasikan juga cukup eksentrik. Qbix yang dibawa Safari Motor ini memiliki kombinasi warna putih dan merah.

Baca juga: Mengenal Skutik Serba Kotak Yamaha Qbix

Joknya juga menganut warna two-tone, merah dan hitam. Bagian belakang jok, di samping kanan dan kiri terdapat behel berwarna merah yang cukup kontras.

Yamaha QbixDok. Safari Motor Yamaha Qbix

Lampu depannya juga mengotak, memanjang vertikal dan bertumpuk. Di bagian kanan dan kirinya, terdapat lampu senja atau Daytime Running Light (DRL) yang tipis dan memanjang vertikal. Lampu seinnya ditempatkan di bodi depan, tapi tidak menyatu dengan lampu utama.

Dek tengahnya cukup lebar, tapi bagian tengahnya sedikit menonjol. Sebab, di bagian tersebut terdapat tutup tangki bahan bakar. Mirip seperti FreeGo yang tangkinya juga ditempatkan di dek tengah.

Baca juga: PPKM Level 3, Kabupaten Ciamis Terapkan Ganjil Genap

Yamaha QbixKompas.com/Adityo Yamaha Qbix

Qbix juga memiliki laci dengan penutup. Di laci tersebut, terdapat soket untuk mengecas ponsel. Tapi, modelnya masih menggunakan car charger, belum bisa langsung dicolok kabel USB. Lacinya cukup sempit, hanya dapat memuat ponsel atau barang-barang kecil, bahkan tak muat menampung botol minuman kemasan.

Setangnya model telanjang alias terbuka. Lebarnya standar, tidak jauh berbeda dengan Fino. Untuk saklar lampu, sein, dan klakson, tak jauh berbeda dengan skutik Yamaha lainnya.

Baca juga: Masih Berlaku di Jakarta, Catat Ruas Jalan yang Terapkan Ganjil Genap

Yamaha QbixDok. Safari Motor Yamaha Qbix

Pada bagian kaki-kaki, Qbix dibekali dengan ban yang cukup lebar. Ban depannya berukuran 130/70-12, sedangkan ban belakangnya memiliki ukuran 140/70-12.

Selain warna putih-merah ini, Safari Motor juga akan mendatangkan Qbix dengan kombinasi warna merah-hitam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com