Susunan Pebalap MotoGP 2022, Dua Tim Belum Ada Kepastian

Kompas.com - 17/08/2021, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2021 sudah masuk seri kesebelas dari yang ditargetkan 19 seri. Sudah ada beberapa tim yang mengumumkan pebalapnya untuk MotoGP 2022.

Musim ini, bursa transfer pebalap cukup ramai. Ada beberapa pebalap yang membuat keputusan mengejutkan yang mempengaruhi susunan pebalap MotoGP.

Baca juga: Marquez Tetap Senang Meski Gagal Menang di MotoGP Austria

Valentino Rossi akhirnya memutuskan untuk pensiun setelah lebih dari dua dekade balapan di Grand Prix. Pensiunnya Rossi berarti menyisakan tempat kosong di tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT).

Update susunan pebalap MotoGP 2022Dok. MotoGP Update susunan pebalap MotoGP 2022

Selain Rossi, keputusan mengejutkan juga datang dari Maverick Vinales. Pebalap Yamaha tersebut memutuskan kontraknya yang seharusnya berakhir di musim 2022.

Belum lama ini, Vinales resmi akan menjadi pebalap tim Aprilia untuk musim depan. Vinales kembali menjadi rekan setim Aleix Espargaro. Keduanya pernah menjadi rekan setim di Suzuki.

Baca juga: Rossi Masih Nekat, Nyaris Naik Podium di MotoGP Austria

Franco Morbidelli juga dipastikan akan meninggalkan Petronas Yamaha SRT untuk menggantikan Vinales, tapi belum tanda tangan kontrak. Petronas Yamaha SRT hingga sekarang belum mengumumkan siapa dua pebalap yang akan membela timnya untuk musim depan.

Update susunan pebalap MotoGP 2022Dok. MotoGP Update susunan pebalap MotoGP 2022

Selain Petronas Yamaha SRT, tim lain yang belum mengumumkan pebalapnya adalah Aramco VR46. Satu pebalapnya bisa dipastikan akan ditempati Luca Marini. Sedangkan kursi satu lagi, masih menjadi spekulasi, tapi kemungkinan besar akan diberikan pada Marco Bezzecchi, yang saat ini berada di Moto2.

Akan ada beberapa pebalap rookie atau pebalap yang baru masuk kelas MotoGP. Terhitung ada tiga pebalap yang sudah pasti.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Fabio Di Giannantonio dari Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) akan menjadi rekan setim Enea Bastianini di Flex-Box Gresini MotoGP Team.

Remy Gardner dan Raul Fernandez kembali menjadi rekan satu tim. Keduanya masuk tim satelit Tech3 KTM Factory Racing dari Red Bull KTM Ajo.

Beberapa tim yang tidak mengubah formasinya, seperti Lenovo Ducati Team, Repsol Honda Team, Red Bull KTM Factory Racing, Suzuki Ecstar, LCR Team Honda, dan Pramac Racing.

Berikut update pebalap MotoGP 2022:
- Repsol Honda: Marc Marquez & Pol Espargaro
- Monster Energy Yamaha: Fabio Quartararo & Franco Morbidelli
- Suzuki Ecstar: Alex Rins & Joan Mir
- Lenovo Ducati Team: Jack Miller & Francesco Bagnaia
- Red Bull KTM Factory Racing: Brad Binder & Miguel Oliviera
- Aprilia Racing: Aleix Espargaro & Maverick Vinales
- LCR Honda: Alex Marquez & Takaaki Nakagami
- Pramac Racing: Johann Zarco & Jorge Martin
- Tech3 KTM Factory Racing: Remy Gardner & Raul Fernandez
- Flex-Box Gresini MotoGP Team: Enea Bastianini & Fabio Di Giannantonio
- Petronas Yamaha SRT: -
- Aramco VR46: -

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.