Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Aktivitas Pabrik dan Diler Toyota

Kompas.com - 13/08/2021, 14:41 WIB
Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015). Febri Ardani/KompasOtomotifJalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Surat Keputusan Nomor 974 Tahun 2021 untuk mengatur kebijakan di Ibu Kota selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 16 Agustus 2021 mendatang.

Salah satu poin penting yang termuat dalam kebijakan tersebut adalah diwajibkannya sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat kegiatan pada sektor-sektor yang telah dizinkan.

“Selama masa PPKM level 4 Covid-19, setiap orang yang melakukan aktivitas pada tiap-tiap sektor atau tempat harus sudah divaksinasi Covid-19 (minimal vaksinasi dosis pertama),” tulis Anies dalam diktum keempat keputusannya.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Ganti Pelat Nomor Kendaraan 5 Tahunan

Lantas bagaimana dengan diler dan pabrik otomotif, apakah menerapkan kewajiban serupa?

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan, Toyota tentu mengikuti aturan dari pemerintah sehingga sertifikat vaksin Covid-19 menjadi salah satu syarat untuk karyawan bekerja.

Toyota IIMS Hybrid 2021TAM Toyota IIMS Hybrid 2021

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ya, kita menekankan kepada karyawan pentingnya vaksin, dan hampir 97 persen sudah vaksin, dan yang belum karena mereka penyintas. Mungkin hanya sekitar 20 orang yang belum vaksin diluar penyintas,” kata Bob saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Penumpang Transjakarta Wajib Memiliki Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, untuk saat ini Toyota Astra Motor (TAM) sebagai distributor masih melaksanakan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

“Kita (distributor) masih 100 persen WFH. Sementara untuk Work From Office (WFO) dan persyaratannya kita masih menunggu aturan PPKM lebih lanjut,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.