Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Casey Stoner Bongkar Perlakuan Buruk Ducati pada Pebalapnya

Kompas.com - 05/08/2021, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Casey Stoner merupakan satu-satunya pebalap yang berhasil meraih gelar juara dunia dengan Ducati. Meski demikian, Stoner mengaku tidak dihormati di pabrikan asal Italia tersebut.

Stoner membalap untuk Ducati sejak musim 2007 hingga 2010. Total 23 kemenangan diraihnya dengan satu kali juara dunia pada musim pertamanya bersama Ducati.

Baca juga: Rossi DIsebut Bakal Kembali ke Ducati Musim Depan

Pada 2011, Stoner memutuskan untuk pindah ke Repsol Honda Team. Dia mengaku tawaran dari Honda jauh lebih baik daripada Ducati, dari segala aspek.

Pebalap penguji Ducati, Casey Stoner (kiri), berbincang dengan Jorge Lorenzo.
DOK. MOTOGP Pebalap penguji Ducati, Casey Stoner (kiri), berbincang dengan Jorge Lorenzo.

"Dalam segala hal, kesepakatan Honda lebih baik daripada Ducati, jadi mengapa saya tetap bersama mereka? Saya tidak mendapatkan rasa hormat di sana," ujar Stoner, dikutip dari Visordown.com, Kamis (5/8/2021).

Stoner menambahkan, perlakuan Ducati saat ini semakin buruk dalam menjaga pebalapnya. Banyak pebalap berbakat yang tak bertahan lama di Ducati, mulai dari Valentino Rossi, Cal Crutchlow, Andrea Iannone, Danilo Petrucci, dan Jorge Lorenzo.

Baca juga: Permintaan Marc Marquez buat Hadapi Kecepatan Yamaha dan Ducati

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, sedang berdiskusi dengan Casey Stoner saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia (28/1/2018).
DOK. DUCATI Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, sedang berdiskusi dengan Casey Stoner saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia (28/1/2018).

"Berkali-kali mereka tidak menunjukkan loyalitas kepada para pebalapnya, karena mereka benar-benar percaya bahwa mereka memiliki motor terbaik,” kata Stoner.

Pernyataan Stoner tak jauh berbeda dengan apa yang menjadi alasan Dovizioso hengkang dari Ducati. Meski demikian, Stoner sempat kembali ke Ducati pada 2016 untuk menjadi test rider. Tapi, hanya bertahan pada musim itu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com