Mengenal 5 Jenis dan Fungsi Marka di Jalan Raya

Kompas.com - 05/08/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi sebuah marka jalan theconstructor.orgIlustrasi sebuah marka jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Marka jalan merupakan bagian dari rambu lalu lintas yang berupa gambar garis melintang, membujur, dan serong guna mengarahkan arus kendaraan bermotor.

Bagi para pengendara, tentu fasilitas tersebut sudah sangat sering dan akrab dilihat. Tetapi, tidak semua pengguna mobil dan motor mengerti atas fungsi maupun kegunaannya.

Padahal, sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2018, marka jalan sangatlah penting. Lebih jauh mampu menekan potensi kecelakaan di jalan.

Dalam beleid-nya, terdapat lima jenis marka jalan dengan fungsi berbeda-beda. Melansir laman resmi Auto2000, berikut rinciannya;

Baca juga: Bulan Terakhir PPnBM 0 Persen, Ini Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross per Agustus 2021

Sejauh ini konstruksi jalur tol utama sepanjang 15,3 kilometer itu sudah rampung. Saat ini penyelesaian marka jalan dan penunjang lainnya masih tersisa sedikit.
Dok PT Suryamas Dutamakmur Sejauh ini konstruksi jalur tol utama sepanjang 15,3 kilometer itu sudah rampung. Saat ini penyelesaian marka jalan dan penunjang lainnya masih tersisa sedikit.

1. Marka membujur utuh

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marka jalan membujur utuh adalah tanda lalu lintas berupa garis lurus yang tergambar di tengah-tengah permukaan jalan raya.

Fungsinya, bila berada di tengah jalan ialah sebagai larangan bagi kendaraan untuk melintasi garis tersebut atau pun sebagai pembagi lajur kendaraan.

Namun, bila letaknya di tepi jalan, maka fungsinya adalah sebagai tanda peringatan tepi jalur lalu lintas. Makna garis putih lurus adalah pengendara tidak diperbolehkan mendahului kendaraan lain dan tetap berada di jalur masing-masing.

2. Marka putih membujur putus-putus

Di samping marka garis lurus utuh, ada pula marka membujur garis putus-putus. Fungsi dari rambu-rambu di permukaan jalan raya ini adalah sebagai pembatas dan pembagi jalur, peringatan adanya marka membujur garis utuh di depan, dan pengarah lalu lintas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.