6 Kali Juara Dunia WorldSBK, Jonathan Rea Ternyata Baru Punya SIM

Kompas.com - 17/07/2021, 13:02 WIB
Enam kali juara dunia World Superbike, Jonathan Rea baru saja berhasil lolos ujian dan mendapatkan SIM Dok. Jonathan ReaEnam kali juara dunia World Superbike, Jonathan Rea baru saja berhasil lolos ujian dan mendapatkan SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Jonathan Rea merupakan pebalap yang sangat diperhitungkan. Dia sudah meraih gelar juara dunia World Superbike (WorldSBK) enam kali berturut-turut.

Meski demikian, bukan berarti pebalap asal Irlandia Utara ini biasa mengendarai sepeda motor di jalan raya. Faktanya, Rea baru saja berhasil mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Sirkuit Mandalika yang Siap Gelar WorldSBK

Hal tersebut diketahui dari video yang diunggah di akun YouTube milik Jonathan Rea. Dalam video tersebut, Rea sedang berada di tempat kursus mengemudi.

Enam kali juara dunia World Superbike, Jonathan Rea baru saja berhasil lolos ujian dan mendapatkan SIMDok. Jonathan Rea Enam kali juara dunia World Superbike, Jonathan Rea baru saja berhasil lolos ujian dan mendapatkan SIM

Rea mengatakan, saat ujian praktik justru mudah, ketika dia harus membuat figur angka delapan, bermanuver, pengereman mendadak, dan kemampuan dasar berkendara lainnya.

Beberapa waktu lalu, Rea juga sudah mengikuti ujian teori tertulis dan berhasil lulus. Rea pernah mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM saat di Isle of Mann sebelumnya. Namun, dirinya gagal dalam ujian tersebut.

Baca juga: Pebalap WorldSBK Gantikan Franco Morbidelli di GP Belanda 2021

"Saya telah lulus, sangat senang dengan ini semua. Hanya di satu persimpangan saya sempat kebingungan, tidak dapat mendengar instruksi, mungkin karena radionya," ujar Rea.

Enam kali juara dunia World Superbike, Jonathan Rea baru saja berhasil lolos ujian dan mendapatkan SIMDok. Jonathan Rea Enam kali juara dunia World Superbike, Jonathan Rea baru saja berhasil lolos ujian dan mendapatkan SIM

Rea mengatakan, ketakutan terbesarnya justru saat berkendara di jalan raya. Pejalan kaki dan mobil membuatnya kagok, karena memang dua hal tersebut juga tidak pernah ditemuinya di trek saat balapan.

"Saya tidak pernah terpikir jika itu membuat berkendara di jalan raya sangat sulit," kata Rea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.