Akhir Pekan di Rumah Saja, Jangan Lupa Periksa Kesehatan Mobil Matik

Kompas.com - 31/07/2021, 11:02 WIB
Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi otomotis saat ini banyak dipilih oleh pengemudi mobil, khususnya bagi mereka yang tinggal di Ibu Kota.

Hal ini dikarenakan kemacetan yang hampir setiap hari terjadi, sehingga membuat transmisi otomatis lebih disukai karena kepraktisannya ketimbang transmisi manual.

Namun, saat kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM) level 3-4 seperti saat ini, membuat beberapa ruas jalan menjadi sepi dan kendaraan hanya terparkir di garasi.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan pemilik mobil untuk merawat kendaraan dengan mengecek kesehatan transmisi mobil matik di rumah tanpa harus ke bengkel.

Baca juga: Promo Motor Sport 250 cc, Ninja dan CBR Dapat Diskon Jutaan Rupiah

Imam Choiri alias Apre, dari bengkel AP Speed di Bekasi mengatakan, ada cara mudah untuk mengecek kesehatan sistem transmisi yaitu dengan melihat kondisi fisik terlebih dahulu.

Terutama pada bagian kolong mesin, tepatnya di sekitar girboks. Menurut Apre, pastikan di bagian tersebut tidak ada rembesan oli. Rembesan tersebut bisa dideteksi dari debu yang menempel di kolong girboks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dipstick oli pada mesin mobilwww.knowyourparts.com Dipstick oli pada mesin mobil

“Kalau terlihat pekat, berarti ada indikasi lelehan atau kebocoran di transmisi. Meski sudah dibersihkan sekalipun, tetap akan ada rembesan,” ucap Apre saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Apre melanjutkan, ada cara lain untuk memeriksa transmisi otomatis, yakni bisa dengan melihat kondisi dipstick oli. Tanda oli paling tidak harus berada di antara batas minimal dan maksimal.

Baca juga: Persiapan Honda Jelang Balap F1 Grand Prix Hungaria

“Kalau oli berada di bawah batas minimal, berarti harus mengganti oli transmisi dan mengecek apakah ada kebocoran,” katanya.

Cara lainnya, bisa dengan meneteskan oli ke jari tangan. Bisa dirasakan ada gram seperti pasir, tandanya ada serpihan logam yang bercampur dengan oli.

“Jika sudah begitu, perlu dilakukan overhaul transmisi, untuk perbaikan menyeluruh,” ucap Apre.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.