Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi pengguna jalan di Indonesia bisa dibilang sangat beragam. Ada saja pengendara motor yang tidak paham, bagaimana cara putar balik di jalan raya dengan aman.

Misalnya ada saja yang melakukan putar balik dari posisi motor di pinggir jalan. Hal ini ternyata tidak aman dan bisa membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Trainer Yamaha Riding Academy Muhamad Arief akan memberikan beberapa langkah aman bagi pengendara motor yang mau putar balik.

Pertama, pastikan hapal kondisi jalan, terutama area yang memang diperbolehkan untuk putar balik.

Baca juga: Tom Hanks Lelang Toyota FJ40 Bermesin GM

Kendaraan yang nomor polisinya tidak sesuai tanggal ganjil genap berputar balik setelah dihimbau petugas, Selasa (27/3/2018). Pemangku kepentingan memperpanjang sosialisasi peraturan ganjil genap dan belum memberlakukan tilangKompas.com/Setyo Adi Kendaraan yang nomor polisinya tidak sesuai tanggal ganjil genap berputar balik setelah dihimbau petugas, Selasa (27/3/2018). Pemangku kepentingan memperpanjang sosialisasi peraturan ganjil genap dan belum memberlakukan tilang

"Kedua, jauh sebelum area putar balik, sudah menyalakan lampu sein kanan agar pengendara di belakang mengetahui kalau ada kendaraan yang mau putar balik," ucap Arief kepada Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Ketiga, jika motor ada di lajur kiri, nyalakan lampu sein dan lebih dahulu pindah ke lajur kanan secara halus. Jadi jangan langsung putar balik jika masih ada di lajur kiri.

"Kemudian, sebelum putar arah, pastikan kondisi di belakang aman dengan melihat kaca spion," kata Arief.

Sangat disarankan, motor berada di lajur paling kanan dan dekat dengan batas jalan. Hal ini dilakukan agar tidak ada pengendara lain yang mendahului dari kanan.

Baca juga: Honda All New BeAT Lowrider, Dijejali Mesin Turbo

"Jika sudah di area putar balik, berhenti dahulu. Pastikan situasi sekitar aman baru lakukan manuver putar balik," ucapnya.

Lalu, jika di area tadi banyak kendaraan lain, pastikan posisi terlihat dan pandangan tidak terhalang. Begitu lakukan manuver putar balik, jangan terlalu melebar.

"Gunakan kecepatan yang pelan dan aman saat berbelok, baru tambah kecepatan ketika posisi motor sudah lurus," kata dia.

Terakhir, setelah putar balik jaga posisi di lakur kanan dahulu. Setelah beberapa waktu, baru pindah ke lajur yang akan dilalui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com