Dilengkapi IoT dan Punya Torsi Liar, Berapa Harga Fin Komodo Listrik

Kompas.com - 29/07/2021, 16:41 WIB
Fin Komodo Electric FIN KOMODOFin Komodo Electric

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Fin Komodo Teknologi resmi merilis kendaraan listrik berbasis baterai yang diberi nama Fin Komodo Bledhex.

Kendaraan karya anak bangsa ini hadir pertama kali dalam ajang IIMS Hybrid 2021 lalu. Secara tampilan, memang menyerupai model konvensional, tapi kalau ditanya tenaga dan teknologi, jelas berbeda.

Redaksi yang sudah sempat menjajal langsung sensasi berkendara di medan perbukitan beberapa waktu lalu, cukup dibuat kaget. Pasalnya, torsi yang dihadirkan sangat instan, bahkan tanpa masalah melahap medan terjal.

Baca juga: Merasakan Torsi Liar Fin Komodo Bledhex di Habitatnya

Nah, buat yang penasaran soal harga, Fin Komodo Bledhex ini memang dibanderol sedikit lebih tinggi dari konvensional. 

Fin Komodo Bledhex jadi model terbaru dari PT Fin Komodo. Mobil segala medan dengan motor listrik ini dicoba Kompas.com di kawasan Cimahi Jawa Barat Fin Komodo Bledhex jadi model terbaru dari PT Fin Komodo. Mobil segala medan dengan motor listrik ini dicoba Kompas.com di kawasan Cimahi Jawa Barat

"Sekarang ini memang kami sudah open pemesanan, harga nanti tergantung misinya, sekitar Rp 300 juta sampai Rp 350 jutaan. Untuk order sudah ada, baik konsumen baru atau konsumen lama, dan memang rata-rata mereka sudah memiliki program green," ucap Ibnu Susilo, Founder & Designer PT Fin Komodo Teknologi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsumen yang memesan Bledhex saat ini, menurut Ibnu baru akan mendapatkan unit sekitar akhir 2021. Hal tersebut karena adanya proses persiapan yang dilakukan, mulai dari rancang bangun sampai supply chain.

Karena dalam proses pembuatannya sendiri, Fin Komodo ikut menggandeng Industri Kecil dan Menengah (IKM) setempat. Selain itu, ada komponen yang memang masih diambil dari luar, yakni baterai.

"Total semuanya kita rancang dan produksi sendiri, kecuali baterai sel yang memang masih kita ambil dari luar. Tapi dari baterai pack, controller, motor listrik, baterai management system itu kita rancang dan produksi sendiri," kata Ibnu.

Lantas bagaimana dengan perawatannya ?

Menjelaskan hal ini, Ibnu mengatakan pada dasarnya teknologi yang digunakan Bledhex tak berbeda jauh dari mobil listrik lain yang memang minim dari segi perawatan.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Fin Komodo Bertenaga Listrik Karya Anak Bangsa

Rancang bangunnya dibuat khusus sehingga benar-benar bisa menekan adanya perawatan. Contoh untuk motor listrik yang diklaim tak ada perawatan yang perlu dilakukan pemiliknya.

Ir. Ibnu Susilo (CEO PT FIN Komodo Teknologi) saat ditemui di pabrik Fin Komodo Cimahi Jawa Barat Ir. Ibnu Susilo (CEO PT FIN Komodo Teknologi) saat ditemui di pabrik Fin Komodo Cimahi Jawa Barat

"Sangat minim sekali, bahkan kami juga menlengkapi Fin Komodo Bledhex ini dengan sistem Internet of Things (IoT), sehingga memungkinkan kami melakukan perawatan jarak jauh. Misal mobil berada di Papua atau negara lain, kita repair dari Cimahi selama ada koneksi internet," ujar Ibnu.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.